Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 10:57 WIB | Jumat, 21 November 2014

PBB: 15.000 Petempur Asing Bergabung dengan Militan Islam

Ilustrasi: Suasana ketika Inggris berupaya agar Dewan Keamanan PBB melakukan pemungutan suara mengenai resolusi tentang Suriah pada 2013. (Foto: AP/voaindonesia.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Dewan Keamanan PBB telah menegaskan kembali perlunya kerja sama global untuk memerangi terorisme. Pihaknya menemukan 15.000 petempur asing dari 80 lebih negara telah bergabung dengan militan Negara Islam Irak dan Suriah.

Lebih dari 60 negara anggota PBB ikut serta dalam debat terbuka pada Rabu (19/11) di Dewan Keamanan mengenai pemberantasan Negara Islam Irak dan Suriah serta kelompok-kelompok teroris lainnya.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengungkapkan keprihatinan terkait banyaknya warga asing yang bergabung dengan kelompok militan meskipun telah diterapkan kebijakan-kebijakan antiteroris yang lebih ketat.

Duta Besar Australia untuk PBB Gary Quinlan menyebutkan militan tersebut meraup pemasukan sangat besar dari penyelundupan minyak mentah dan pembayaran tebusan, dan bahwa mereka mengambil alih persenjataan berat dari pasukan bersenjata. (nhk.jp.or)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home