Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:51 WIB | Selasa, 06 September 2022

PBB: 173 Warga Sipil Tewas dalam Bentrokan di Sudan Selatan

Pejuang mengangkat senapan mereka saat mereka berjalan di depan kebakaran hutan di wilayah yang dikuasai pemberontak di Upper Nile State, Sudan Selatan 13 Februari 2014. (File: dok. Reuters)

JUBA, SATUHARAPAN.COM-Puluhan warga sipil tewas dalam bentrokan politik di Sudan Selatan antara Februari dan Mei tahun ini, sebuah laporan PBB mengatakan hari Selasa (6/9), dengan perempuan dan anak-anak menjadi sasaran serangan brutal, termasuk pemerkosaan berkelompok.

Bentrokan antara pasukan yang setia kepada Presiden Salva Kiir dan saingannya, Wakil Presiden Riek Machar, di Negara Persatuan yang kaya minyak mempengaruhi setidaknya 28 desa di tiga distrik, dengan 173 orang tewas dan 37 perempuan dan anak-anak diculik.

“Banyak dari korban penculikan menjadi sasaran kekerasan seksual, termasuk gadis-gadis berusia delapan tahun dan seorang gadis sembilan tahun yang diperkosa beramai-ramai sampai mati,” kata Misi PBB di Sudan Selatan (UNMISS) dan Kantor kata Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR).

Kedua belah pihak melakukan pelanggaran berat, kata laporan itu, dan menambahkan bahwa pasukan dan kelompok pro pemerintah yang setia kepada Kiir tampaknya menjadi “pelaku utama pelanggaran hak asasi manusia.”

Kekerasan tersebut menyebabkan 44.000 orang meninggalkan rumah mereka di 26 desa, dengan total 131 kasus perkosaan dan pemerkosaan massal didokumentasikan.

Sudan Selatan telah dilanda ketidakstabilan sejak kemerdekaan pada 2011 dan masih berjuang untuk menyelesaikan perang saudara antara pejuang pro Kiir dan pro Machar yang merenggut nyawa hampir 400.000 orang.

Laporan bersama tersebut mencakup periode antara 11 Februari dan 31 Mei 2022, dengan para peneliti melakukan perjalanan ke benteng pro Machar di Koch, Leer, dan Mayendit serta daerah sekitarnya untuk mendokumentasikan akibat dari kekerasan tersebut.

Dikatakan bahwa ada “alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa serangan-serangan ini secara konsisten direncanakan dan dilakukan dengan tingkat organisasi terutama oleh pasukan gabungan Pemerintah dan milisi/kelompok sekutu yang beroperasi di daerah-daerah ini.”

Dalam sebuah pernyataan pers yang menyertai rilis laporan tersebut, Nicholas Haysom, utusan PBB untuk negara itu, mengatakan bahwa “pelanggaran hak asasi manusia dilakukan dengan impunitas.”

“Pemerintah berkewajiban di bawah hukum internasional untuk melindungi warga sipil, menyelidiki tuduhan pelanggaran hak asasi manusia, dan meminta pertanggungjawaban tersangka pelaku,” tambahnya.

PBB telah secara teratur mengkritik kepemimpinan Sudan Selatan karena perannya dalam memicu kekerasan, menindak kebebasan politik dan menjarah pundi-pundi publik.

Ia juga menuduh pemerintah melakukan pelanggaran hak yang sama dengan kejahatan perang atas serangan mematikan di barat daya tahun lalu.

Sejak perang saudara lima tahun berakhir pada 2018, proses perdamaian yang lamban di negara itu telah mengalami beberapa kali penundaan, dengan kekerasan sering pecah antara pasukan Kiir dan Machar.

Pada bulan Juli, Amerika Serikat menarik diri dari dua organisasi pemantau proses perdamaian di Sudan Selatan karena kegagalan pemerintah untuk memenuhi tonggak reformasi, dengan alasan “kurangnya kemajuan yang berkelanjutan.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home