Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:55 WIB | Jumat, 11 Oktober 2013

PBB Ajak ASEAN Kerja Sama Di Bidang Perdamaian dan HAM

Sekjen PBB, Ban Ki-moon berbicara pada KTT ASEAN di Brunei Darussalam, Kamis (10/10). (foto: un.org)

BRUNEI DARUSSALAM, SATUHARAPAN.COM - Sekretaris  Jenderal PBB, Ban Ki-moon, mengajak peningkatan kemitraan antara PBB dan ASEAN sebagai dua badan untuk  perdamaian, hak asasi manusia dan pembangunan berkelanjutan di seluruh wilayah.

"Anda memiliki kesempatan besar untuk posisi kawasan ASEAN pada abad ke-21. PBB bangga menjadi pasangan Anda, dan kami menghargai keterbukaan dalam memajukan kemitraan ini," kata Ban pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)  kelima ASEAN – PBB, di Brunei Darussalam Kamis (10/10).

Dia mencatat bahwa kemitraan antara dua badan tumbuh makin luas dan mendalam. Ban menyoroti empat bidang yang dapat menunjukkan hasil nyata, yaitu konektivitas daerah, pembangunan berkelanjutan, hak asasi manusia, serta perdamaian dan keamanan.

Konektivitas ASEAN di bidang transportasi, perdagangan dan pergerakan lintas batas, kata Ban, sangat penting untuk menjadi lebih dekat, hubungan yang lebih efisien dan untuk menyebarkan kemakmuran dan menutup kesenjangan pembangunan di dalam dan antar negara.

"Kerja sama PBB akan dilanjutkan  ketika Anda bekerja menuju pembentukan Komunitas ASEAN pada 2015. Kami juga siap untuk mendukung upaya meningkatkan keamanan dan energi, serta perbaikan manajemen sumber daya bersama, seperti air,” kata Ban.

Ban juga menyebutkan bahwa PBB ingin sekali mendengar suara negara-negara ASEAN dan bekerja sama dalam melaksanakan agenda pembangunan berkelanjutan baru yang lebih berani.

“Pengentasan kemiskinan harus menjadi prioritas kami, dan pembangunan berkelanjutan panduan dan prinsip kami,” kata dia. (un.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home