Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:38 WIB | Jumat, 16 Maret 2018

PBB: Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia

Ilustrasi. Laporan Kebahagiaan Dunia 2018 yang dikeluarkan PBB menyebutkan Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia. Sistem pendidikan di Finlandia juga mendapatkan pengakuan sebagai terbaik. (Foto: Smithsonian Magazine)

SATUHARAPAN.COM – Finlandia, negara Nordik di Eropa Utara, dinyatakan sebagai negara yang paling bahagia di dunia, berdasarkan Laporan Kebahagian Dunia 2018 yang dikeluarkan PBB.

Finlandia, negara yang menurut Wikipedia berpenduduk 5.477.359 berdasarkan sensus tahun 2015, seperti dilansir BBC, menggeser posisi Norwegia.

Laporan Kebahagiaan Dunia 2018 itu juga menyebutkan warga Amerika makin tidak bahagia, meski negara adidaya itu makin kaya, menurut survei tahunan itu, seperti dilaporkan Reuters dan dikutip VOA.

Burundi, di Afrika bagian timur yang berpenduduk sekitar 11 juta, berada di urutan paling bawah dari 156 negara dalam peringkat Laporan Kebahagiaan Dunia 2018 yang diluncurkan oleh Badan PBB untuk Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan (SDSN). Pemeringkatan dilakukan berdasarkan produk domestik bruto per kapita, dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan sosial, kedermawanan, dan tidak adanya praktik korupsi.

Dihadapkan pada hari-hari musim dingin yang keras dan gelap, warga Finlandia mengatakan akses pada alam, keamanan, pengasuhan anak, sekolah-sekolah berkualitas dan layanan kesehatan gratis, adalah hal-hal terbaik yang mereka dapatkan dari negara itu.

“Saya bercanda dengan sesama rekan Amerika, bahwa kami menjalani mimpi Amerika di Finlandia,” kata Brianna Owens, yang pindah dari Amerika dan sekarang menjadi guru di Espoo, kota terbesar kedua di Finlandia dengan populasi penduduk sekitar 280.000 jiwa.

“Saya rasa semua yang ada dalam masyarakat dibuat agar warga bisa sukses, dimulai dengan universitas dan sistem transportasi yang berjalan dengan sangat baik,” kata Owens kepada Reuters.

Peringkat Indonesia

Finlandia, naik dari posisi kelima dan menggeser Norwegia dari posisi puncak. Peringkat 10 teratas masih didominasi oleh negara-negara Nordik, seperti Finlandia, Norwegia, Denmark, Islandia, Swiss, Belanda, Kanada, Selandia Baru, Swedia, dan Australia.

Amerika Serikat turun ke peringkat 18, dari 14 tahun lalu. Inggris berada di peringkat 19, dan Uni Emirat Arab di peringkat 20.

Indonesia tahun ini berada di peringkat 96 dari 156 negara, persis di bawah sesama negara Asia Tenggara, Vietnam, dan di atas beberapa negara ASEAN lain, seperti Laos dan Myanmar.

Studi juga menemukan, 10 negara yang paling bahagia mencatat angka tinggi untuk kebahagiaan imigran, yang menunjukkan kebahagiaan para pendatang melekat dengan kualitas hidup di negara tempat tinggalnya yang baru.

“Temuan yang paling mencolok dari laporan ini adalah konsistensi yang luar biasa antara kebahagiaan para pendatang dengan yang lahir lokal,” kata John Helliwell dari Universitas British Columbia, Kanada, yang ikut menulis laporan, seperti dilansir BBC.

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home