Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:37 WIB | Rabu, 22 Desember 2021

PBB: Internasional Tak Mungkin Dukung, Jika Pemerintah Lebanon Lumpuh

Sekjen PBB, Antonio Guterres. (Foto: AFP)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Sekjen PBB memperingatkan bahwa komunitas internasional tidak mungkin muncul dengan dukungan yang sangat dibutuhkan untuk Lebanon di tengah kelumpuhan pemerintah berkepanjangan ketika berjuang menghadapi krisis "sangat dramatis".

Pernyataan Antonio Guterres disampaikan hari Selasa (21/12)  pada akhir kunjungan tiga harinya di mana dia berulang kali mendesak para pemimpin politik Lebanon untuk bekerja sama menyelesaikan krisis ekonomi dan keuangan. Dia juga bertemu dengan anggota kelompok masyarakat sipil dan pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon selatan.

Krisis tersebut telah mendorong lebih dari tiga perempat penduduk Lebanon yang berjumlah enam juta orang ke dalam kemiskinan; mata uang nasional dalam keruntuhan sementara Lebanon menyalahkan kepemimpinan politik selama bertahun-tahun yang korup dan salah urus negara.

Guterres mengatakan beberapa inisiatif sedang dikerjakan untuk membantu Lebanon menangani krisis, termasuk mengadakan konferensi internasional, tetapi kelumpuhan pemerintah menjadi pertanda buruk bagi dukungan internasional.

“Masyarakat internasional mungkin… tidak akan merespon sebagaimana kita perlu merespon jika mereka melihat negara ini lumpuh dan jika mereka tidak melihat sejumlah reformasi yang jelas terkait dengan kehidupan ekonomi, sosial dan politik negara, menjamin bahwa lembaga-lembaga Lebanon menempatkan negara di jalur yang benar,” kata Guterres kepada wartawan.

Kabinet Lebanon belum bertemu sejak pertengahan Oktober di tengah ketidaksepakatan mengenai penyelidikan domestik terhadap ledakan besar pada bulan Agustus 2020 di pelabuhan Beirut yang menewaskan lebih dari 200 orang dan melukai ribuan orang. Kelompok politik yang kuat menuduh hakim yang memimpin penyelidikan itu bias dan menuntut agar dia dicopot.

Perdana Menteri Najib Mikati menegaskan penyelidikan ada di tangan pengadilan dan menolak untuk ikut campur. Mikati sendiri mulai menjabat setelah kebuntuan yang berlangsung lebih dari setahun ketika para politisi menawar distribusi kekuasaan di dalam Kabinet.

Sistem politik Lebanon didasarkan pada kesepakatan pembagian kekuasaan secara sektarian yang sangat seimbang yang sering membuat pengambilan keputusan disandera oleh kesepakatan di belakang. Kelumpuhan saat ini juga berdampak pada negosiasi dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk rencana pemulihan yang sangat dibutuhkan.

Komunitas internasional telah menolak untuk menawarkan bantuan sampai pemerintah Lebanon menerapkan reformasi besar. Bantuan kemanusiaan telah dibubarkan untuk mengatasi kondisi kehidupan yang memburuk sementara pemerintah berjuang dengan kas negara kosong, cadangan devisa dan pendapatan yang berkurang, dan populasi yang semakin putus asa.

Guterres menyerukan penyelidikan independen dan tidak memihak terhadap ledakan pelabuhan, dengan mengatakan orang-orang “pantas mendapat jawaban.” Tiga staf PBB kehilangan anggota keluarga dalam ledakan itu, termasuk dua anak.

Ditanya apakah dia akan menyerukan penyelidikan internasional, Guterres mengatakan bahwa jika penyelidikan Lebanon yang tidak memihak dan sepenuhnya independen tidak dapat dijamin, maka "Saya yakin penting bagi masyarakat internasional untuk bertindak."

Pemerintah Lebanon sebelumnya telah menolak penyelidikan internasional, menyebutnya sebagai pemborosan sumber daya dan waktu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home