Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:58 WIB | Kamis, 18 November 2021

PBB: ISIS Ada di Semua Provinsi Afghanistan

Pejuang Taliban berdiri di atas kendaraan lapis baja sebelum berparade di sepanjang jalan untuk merayakan setelah Amerika Serikat menarik semua pasukannya keluar dari Afghanistan, di Kandahar pada 1 September 2021. (Foto: dok. AFP)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Utusan PBB (perserikatan Bangsa-bangsa) untuk Afghanistan mengatakan pada hari Rabu (17/11) bahwa ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) sekarang tampaknya hadir "di semua provinsi" negara itu.

Perwakilan Khusus PBB, Deborah Lyons ,mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa Taliban menanggapi dengan "penahanan dan pembunuhan di luar hukum" terhadap setiap tersangka anggota ISIS-K, afiliasi kelompok teroris ISIS di Afghanistan.

Sejak Taliban menguasai Afghanistan pada 15 Agustus, ISIS telah meningkatkan serangannya di negara itu, menargetkan anggota Taliban dan warga Afghanistan dengan beberapa pemboman.

Taliban telah mencoba untuk mengecilkan ancaman ISIS, mengklaim itu bukan bahaya besar. Kelompok itu juga menolak bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk membendung kelompok-kelompok ekstremis di Afghanistan.

AS percaya bahwa kelompok teroris dapat dengan mudah menyusun kembali ke Afghanistan di bawah aturan Taliban, dan khawatir negara itu akan menjadi surga terorisme dan landasan untuk serangan internasional.

Ketua Kepala Gabungan AS, Jenderal Mark Milley, mengatakan pada bulan September ada "kemungkinan nyata" bahwa Al-Qaeda atau ISIS dapat menyusun kembali di Afghanistan di bawah pemerintahan Taliban dalam enam hingga 36 bulan ke depan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home