Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 17:27 WIB | Jumat, 05 Februari 2016

PBB Lanjutkan Perundingan Damai Suriah Akhir Februari

PBB Lanjutkan Perundingan Damai Suriah Akhir Februari
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki-moon (kanan) saat memberikan keterangan dalam pembahasan Konferensi berjudul Mendukung Suriah dan Daerah di London, Inggris dalam rangka membantu negara Suriah yang mengalami krisis pasca perang, Kamis (4/2). Dewan Keamanan PBB dalam pernyataannya akan menggelar sidang bersama untuk membahas kebuntuan perundingan damai Suriah pada tanggal 25 Februari mendatang. (Foto: UN Photo/Eskinder Debebe)
PBB Lanjutkan Perundingan Damai Suriah Akhir Februari
Stephen O Brien (kanan) Sekretaris untuk urusan kemanusiaan dan koordinator bantuan darurat PBB saat menyampaikan pendapat dalam konferensi donor untuk Suriah pasca perang yang terjadi yang digelar di London, Inggris. (Foto: UN Photo/Eskinder Debebe)
PBB Lanjutkan Perundingan Damai Suriah Akhir Februari
Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon (kiri) saat berdiskusi dengan penasehat senior disela penyelenggaraan konferensi donor untuk Suriah diantaranya Sekretaris Utusan Staffan de Mistura, Utusan Khusus Sekretaris Jenderal untuk Suriah Andrew Gilmour, Direktur Politik, Peacekeeping, Humanitarian, dan Hak Asasi Manusia Unit, Eksekutif Kantor Sekretaris Jenderal; dan Stéphane Dujarric, Juru Bicara Sekretaris Jenderal. (Foto: UN Photo/Eskinder Debebe)
PBB Lanjutkan Perundingan Damai Suriah Akhir Februari
Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon saat memberikan pendapat dalam acara konferensi donor untuk Suriah yang digelar di London, Inggris pada hari Kamis (4/2) bersama dengan sejumlah delegasi dari berbagai negara. (Foto: UN Photo/Eskinder Debebe)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) akan menggelar sidang bersama utusan khusus PBB Staffan de Mistura untuk membahas kebuntuan dalam perundingan damai Suriah pada tanggal 25 Februari mendatang.

Pernyataan resmi itu disampaikan sejumlah diplomat pada hari Kamis (4/2) di New York, Amerika Serikat. Mistura akan memberikan laporan kepada para duta besar 15 negara anggota Dewan Keamanan (DK) PBB mengenai keputusan untuk menghentikan sementara perundingan di Jenewa.

Sidang  tersebut digelar secara tertutup atas usulan negara Venezuela selaku Ketua DK PBB untuk periode bulan Februari. Setelah enam hari melakukan pertemuan secara terpisah dengan delegasi pemerintah Suriah dan oposisi, pada hari Rabu (3/2) diumumkan penghentian sementara perundingan damai, sehingga memupuskan harapan tercapainya kesepakatan untuk mengakhiri perang Suriah yang sudah berlangsung selama hampir lima tahun terakhir.

Mistura membantah perundingan telah gagal, dan menegaskan bahwa perundingan akan dilanjutkan pada tanggal 25 Februari mendatang.

Sementara itu, sejumlah pakar menilai keputusan itu tidak mengejutkan, pasalnya di tengah tuntutan oposisi agar pemerintah Suriah memberikan akses untuk bantuan kemanusiaan, pasukan rezim dengan dukungan pasukan Rusia terus melakukan pergerakan untuk merebut wilayah dari tangan pemberontak. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home