Loading...
DUNIA
Penulis: Melki 22:36 WIB | Rabu, 24 Mei 2023

PBB Minta Sudan Setop Kekerasan Seksual

Anak-anak pengungsi Sudan bermain ponsel di lokasi penampungan darurat dekat perbatasan Sudan dan Chad, di Koufroun, Chad (11/5/2023). Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 600 orang tewas dan lebih dari lima ribu orang terluka akibat konflik bersenjata antara militer Sudan dan milisi RSF. FOTO REUTERS

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Hak Asasi Manusia Volker Turk pada Rabu menggambarkan situasi di Sudan "menyayat hati" dan meminta dua jenderal yang bertikai di Sudan agar menghentikan kekerasan seksual dan menyelamatkan warga sipil.

Pertempuran di Sudan yang meletus sejak sebulan lalu telah merenggut ratusan nyawa warga sipil dan memaksa lebih dari satu juta orang menyelamatkan diri dari kekerasan.

Turk mengatakan bahwa kantornya mendapat laporan adanya jet tempur dan bentrokan pada Selasa (23/5) malam meski gencatan senjata telah disepakati.

"Banyak warga sipil yang sebenarnya terkepung di daerah-daerah perang yang berlangsung tiada habisnya," ungkap Turk saat konferensi pers di Jenewa.

"Jenderal (Abdel Fattah) al-Burhan, Jenderal (Mohamed Hamdan) Dagalo, Anda harus mengeluarkan instruksi yang jelas, dengan cara yang sangat jelas untuk semua orang di bawah komando kalian, bahwa tidak ada toleransi untuk kekerasan seksual..." kata Turk.

"... warga sipil harus diselamatkan dan sekarang Anda harus menghentikan kekerasan yang tidak masuk akal ini," ujarnya, menambahkan.

Menurut Turk, pihaknya telah mencatat sedikitnya 25 kasus kekerasan seksual hingga saat ini dan jumlah sesungguhnya kemungkinan lebih besar. (Reuters)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home