Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:50 WIB | Jumat, 06 Januari 2017

PBB Pecat Anggota Misi Kolombia karena Dansa dengan Pemberontak

Salah seorang personel Misi Pengawas Perdamaian PBB di Mesetas, Kolombia, 5 Januari 2017 (Foto: Sebastian Herrera, Gobernacion del Meta, AFP)

BOGOTA, SATUHARAPAN.COM – PBB pada Kamis (05/01) mengatakan mereka telah memecat empat anggota misi pengawas untuk proses perdamaian Kolombia karena berdansa dengan pemberontak FARC di sebuah pesta Malam Tahun Baru.

PBB mengawasi perlucutan senjata FARC sebagai bagian dari perjanjian damai yang ditandatangani gerilyawan itu bersama pemerintah guna mengakhiri konflik selama lebih dari lima dekade.

Namun, kontroversi mencuat ketika media Kolombia menyiarkan video beberapa pengamat PBB, berpakaian rompi seragam biru, menari mengikuti irama bersama para pejuang FARC sambil membawa senjata di kamp mereka di Kolombia utara, tempat para pemberontak berkumpul sebelum meletakkan senjata mereka.

PBB mengatakan bahwa setelah menyelidiki insiden itu, mereka memutuskan untuk “memisahkan” tiga pengawas dan atasan mereka dari misinya.

PBB mengatakan perilaku tersebut “tidak pantas” dan “tidak merefleksikan nilai-nilai profesionalisme dan kejujuran misi itu.”

“Mereka tidak akan bekerja untuk misi PBB di Kolombia lagi dan akan kembali ke negara asal mereka,” kata seorang juru bicara kepada AFP.

Nama-nama pengamat tersebut dan juga kewarganegaraan mereka tidak diungkap.(AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home