Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:44 WIB | Rabu, 01 Februari 2023

PBB: Pemilu Myanmar Usulan Militer Berpotensi Memperburuk Situasi

Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing. (Foto: dok. AP/Alexander Zemlianichenko/pool)

PBB, SATUHARAPAN.COM - Dua tahun setelah militer Myanmar merebut kekuasaan, Sekretaris Jenderal  Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guterres, hari Senin (30/1) menyuarakan dukungan untuk aspirasi demokrasi rakyat Myanmar. Namun dia juga memperingatkan bahwa pemilihan yang direncanakan oleh militer di tengah tindakan keras terhadap warga sipil dan pemimpin politik "berisiko memperburuk ketidakstabilan."

Juru bicara PBB, Stephane Dujarric, mengatakan sekretaris jenderal mengutuk keras semua bentuk kekerasan di Myanmar karena krisis di negara itu memburuk “dan memicu implikasi regional yang serius.”

Tentara merebut kekuasaan pada 1 Februari 2021, dari pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi, menangkapnya dan njuga anggota tertinggi partai Liga Nasional untuk Demokrasi yang memerintah, yang telah memenangkan secara telak untuk masa jabatan kedua dalam pemilihan umum November 2020.

Pasukan keamanan menekan penentangan luas terhadap pengambilalihan militer dengan kekuatan mematikan, membunuh hampir 2.900 warga sipil dan menangkap ribuan orang lagi yang terlibat dalam protes tanpa kekerasan. Penumpasan biadab memicu perlawanan bersenjata di sebagian besar negara. Pemerintah militer menganggap organisasi besar yang menentang kekuasaan militer sebagai kelompok “teroris”.

Aturan Baru Pemilihan Umum

Militer memberlakukan undang-undang baru tentang pendaftaran partai politik, yang diterbitkan hari Jumat (27/1), yang akan mempersulit kelompok oposisi untuk mengajukan tantangan serius terhadap kandidat yang didukung tentara dalam pemilihan umum yang dijadwalkan akhir tahun ini. Ini menetapkan tingkat minimum untuk partai, termasuk tingkat keanggotaan 100 kali lebih tinggi daripada pemilu 2020, ditambah persyaratan pendanaan yang ketat.

Guterres “prihatin dengan niat militer untuk mengadakan pemilihan di tengah intensifikasi pemboman udara dan pembakaran rumah warga sipil, bersamaan dengan penangkapan, intimidasi dan pelecehan terhadap pemimpin politik, aktor masyarakat sipil dan jurnalis,” kata juru bicara PBB. “Tanpa syarat yang memungkinkan rakyat Myanmar untuk secara bebas menggunakan hak politik mereka, pemilihan umum yang diusulkan berisiko memperburuk ketidakstabilan.”

Sekretaris Jenderal “terus berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Myanmar dan mendukung aspirasi demokrasi mereka untuk masyarakat yang inklusif, damai dan adil serta perlindungan semua komunitas, termasuk Rohingya,” kata Dujarric.

Diskriminasi lama terhadap Muslim Rohingya di Myanmar yang mayoritas beragama Buddha, termasuk penolakan kewarganegaraan dan banyak hak lainnya, meledak pada Agustus 2017 ketika militer Myanmar melancarkan apa yang disebutnya kampanye pembersihan di negara bagian Rakhine utara sebagai tanggapan atas serangan terhadap polisi dan penjaga perbatasan oleh seorang Rohingya. kelompok militan. Lebih dari 700.000 Rohingya melarikan diri ke Bangladesh, di mana mereka tinggal di kamp-kamp, karena tentara diduga melakukan pemerkosaan dan pembunuhan massal serta membakar ribuan rumah.

Guterres menyambut baik resolusi pertama tentang Myanmar yang diadopsi oleh Dewan Keamanan PBB pada 21 Desember yang menuntut segera diakhirinya kekerasan di negara Asia Tenggara itu dan mendesak penguasa militernya untuk membebaskan semua tahanan yang “ditahan secara sewenang-wenang”, termasuk Suu Kyi, dan untuk memulihkan institusi demokrasi.

Resolusi tersebut menyerukan kepada pihak-pihak yang berseberangan untuk melakukan dialog dan rekonsiliasi dan mendesak semua pihak “untuk menghormati hak asasi manusia, kebebasan mendasar dan supremasi hukum.”

Sekretaris Jenderal menganggap resolusi itu “langkah penting dan menegaskan urgensi untuk memperkuat persatuan internasional,” kata Dujarric.

Juru bicara itu mengatakan utusan khusus PBB untuk Myanmar, Noeleen Heyzer, akan berkoordinasi erat dengan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) atas seruan Dewan Keamanan “untuk terlibat secara intensif dengan semua pihak terkait di Myanmar untuk mengakhiri kekerasan dan untuk mendukung kembalinya menuju demokrasi.” Indonesia mengambil alih kursi presidensi ASEAN pada 1 Januari dari Kamboja.

“Perserikatan Bangsa-bangsa berkomitmen untuk tetap berada di Myanmar dan mengatasi berbagai kerentanan yang timbul dari tindakan militer sejak Februari 2021,” kata Dujarric, mendesak akses tanpa hambatan ke semua komunitas yang terkena dampak.

“Sekretaris Jenderal memperbaharui seruannya kepada negara-negara tetangga dan negara-negara anggota lainnya untuk mendesak pimpinan militer menghormati keinginan dan kebutuhan rakyat Myanmar dan mematuhi norma-norma demokrasi,” kata juru bicara PBB. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home