Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:57 WIB | Jumat, 29 April 2022

PBB: Putin Setuju Evakuasi Warga dari Mariupol, Ukraina

PBB: Putin Setuju Evakuasi Warga dari Mariupol, Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin, kiri, berbicara kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres selama pertemuan mereka di Kremlin, di Moskow, Rusia, Selasa, 26 April 2022. (FRoto-foto: Vladimir Astapkovich, Sputnik, Kremlin/pool via AP)
PBB: Putin Setuju Evakuasi Warga dari Mariupol, Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres selama pertemuan mereka di Kremlin, di Moskow, Rusia, Selasa, 26 April 2022.
PBB: Putin Setuju Evakuasi Warga dari Mariupol, Ukraina
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendengarkan Presiden Rusia Vladimir Putin selama pertemuan mereka di Kremlin, di Moskow, Rusia, Selasa, 26 April 2022.

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, “pada prinsipnya” setuju dengan PBB dan Komite Internasional Palang Merah terlibat dalam evakuasi warga sipil dari pabrik Azovstal di Mariupol, Ukraina, kata pernyataan PBB pada hari Selasa (26/4).

“Diskusi lanjutan akan dilakukan dengan Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan dan Kementerian Pertahanan Rusia,” kata juru bicara PBB, Stephane Dujarric, dalam sebuah pernyataan setelah Putin bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres di Moskow.

Selama pertemuan mereka pada hari Selasa, Putin juga mengatakan kepada Sekjen PBB yang berkunjung bahwa dia masih memiliki harapan untuk negosiasi untuk mengakhiri konflik di Ukraina.

“Meskipun operasi militer sedang berlangsung, kami masih berharap bahwa kami akan dapat mencapai kesepakatan di jalur diplomatik. Kami sedang bernegosiasi, kami tidak menolak (pembicaraan)," kata Putin kepada Guterres dalam sambutan yang disiarkan televisi.

Duduk di seberang Guterres di meja panjang di Kremlin, Putin mengatakan upaya pembicaraan dengan Ukraina telah digagalkan oleh klaim kekejaman yang dilakukan oleh pasukan Rusia di kota Bucha di luar Kiev.

“Ada provokasi di desa Bucha, yang tidak ada hubungannya dengan tentara Rusia,” kata Putin. “Kami tahu siapa yang menyiapkan provokasi ini, dengan cara apa, dan orang macam apa yang mengerjakannya.”

Putin mengatakan kepada Guterres bahwa dia “sadar akan kekhawatiran Anda tentang operasi militer Rusia” di Ukraina dan siap untuk membahasnya, tetapi menyalahkan gejolak di negara itu pada “kudeta anti negara” yang menggulingkan presiden pro Rusia pada tahun 2014.

Usulan PBB

Juru bicara PBB, Stephane Dujarric, mengatakan pemimpin Rusia dan kepala PBB membahas "usulan untuk bantuan kemanusiaan dan evakuasi warga sipil dari zona konflik, yaitu dalam kaitannya dengan situasi di Mariupol."

Selama pertemuan, yang menurut PBB berlangsung hampir dua jam, Putin dan Guterres duduk di ujung berlawanan dari meja putih panjang di sebuah ruangan dengan tirai emas yang dibatasi warna merah. Tidak ada orang lain di ruangan itu.

Guterres mengkritik tindakan militer Rusia di Ukraina sebagai pelanggaran mencolok terhadap integritas teritorial tetangganya dan mendesak Rusia untuk mengizinkan evakuasi warga sipil yang terperangkap di pabrik baja.

Putin menanggapi dengan mengklaim bahwa pasukan Rusia telah menawarkan koridor kemanusiaan kepada warga sipil yang bersembunyi di pabrik. Namun, katanya, para pembela pabrik di Ukraina menggunakan warga sipil sebagai tameng dan tidak mengizinkan mereka pergi, menurut laporan AP.

Situs Azovstal yang luas hampir sepenuhnya dihancurkan oleh serangan Rusia, tetapi itu adalah kantong terakhir perlawanan Ukraina terorganisir di Mariupol. Diperkirakan 2.000 tentara dan 1.000 warga sipil dikatakan bersembunyi di posisi berbenteng di bawah struktur yang hancur.

Desakan Ukraina pada PBB

Dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press pada hari Senin menjelang kunjungan Guterres, Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mencatat kegagalan pejabat asing lainnya yang mengunjungi Moskow untuk mencapai hasil, dan dia mendesak Sekjen PBB untuk menekan Rusia agar evakuasi Mariupol. “Ini benar-benar sesuatu yang mampu dilakukan oleh PBB,” kata Kuleba.

Guterres terbang ke Rzeszow, Polandia, dari Moskow pada hari Selasa malam dan bertemu dengan Presiden Polandia, Andrzej Duda. Dia akan pergi ke Kiev untuk pertemuan Kamis (28.4) dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, dan Kuleba, dan pertemuannya dengan Putin diharapkan menjadi agenda utama.

Banyak analis memiliki harapan yang rendah untuk upaya diplomatik Guterres ke dalam perang Ukraina. Tetapi wakil juru bicara PBB, Farhan Haq, sangat optimis pada hari Senin menjelang pertemuan Moskow, mengatakan kepada wartawan bahwa Guterres “berpikir ada peluang sekarang” dan “akan memanfaatkan” waktunya di lapangan untuk berbicara dengan para pemimpin dan melihat apa yang bisa dicapai.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, Guterres menuduh Rusia melanggar Piagam PBB, yang menyerukan penyelesaian sengketa secara damai.

Dia juga telah berulang kali menyerukan penghentian permusuhan, baru-baru ini mengajukan banding yang gagal pada hari Selasa lalu untuk "jeda kemanusiaan" empat hari menjelang liburan Paskah Gereja Ortodoks pada hari Minggu (24/4).

Koordinator krisis PBB di Ukraina, Amin Awad, menindaklanjuti Minggu dengan menyerukan penghentian segera pertempuran di Mariupol untuk memungkinkan sekitar 100.000 warga sipil yang terperangkap dievakuasi.

Koridor Kemanusiaan

Guterres mengatakan pada konferensi pers setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov Selasa pagi bahwa koridor kemanusiaan yang aman dan efektif sangat dibutuhkan untuk mengevakuasi warga sipil dan memberikan bantuan.

Untuk menangani “krisis dalam krisis di Mariupol,” ia mengusulkan koordinasi antara pasukan PBB, Palang Merah, dan Ukraina dan Rusia untuk memungkinkan evakuasi warga sipil yang ingin meninggalkan “baik di dalam maupun di luar pabrik Azovstal dan di kota itu ke arah mana pun yang mereka pilih, dan untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang diperlukan.”

Sekjen PBB juga mengusulkan pembentukan Kelompok Kontak Kemanusiaan yang terdiri dari Rusia, Ukraina dan PBB “untuk mencari peluang pembukaan koridor yang aman, dengan penghentian pertempuran lokal, dan untuk menjamin bahwa mereka benar-benar efektif.”

Dujarric tidak menyebutkan evakuasi warga sipil yang lebih luas dari Mariupol atau Kelompok Kontak Kemanusiaan Guterres, tetapi mengeluarkan warga sipil dari pabrik baja akan menjadi langkah penting.

Pada hari Sabtu, unit militer Ukraina merilis sebuah video yang dilaporkan diambil dua hari sebelumnya di mana perempuan dan anak-anak bersembunyi di bawah tanah di pabrik, beberapa selama dua bulan, mengatakan mereka sangat ingin melihat matahari. (PBB/AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home