Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:12 WIB | Jumat, 25 April 2014

PDIP Utus Tiga Caleg dari DKI Jakarta III

PDIP Utus Tiga Caleg dari DKI Jakarta III
Tabel perolehan suara dan kursi dapil DKI Jakarta III Pemilu 2014 (Foto: satuharapan.com)
PDIP Utus Tiga Caleg dari DKI Jakarta III
Effendi MS Simbolon, Darmadi Durianto dan Charles Honoris, kemungkinan besar akan terpilih sebagai utusan dapil DKI Jakarta III dari PDIP untuk menjadi Anggota DPR RI periode 2014-2019. (Foto: facebook.com)

JAKARTA,SATUHARAPAN.COM - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diperkirakan akan mengutus tiga calon anggota legislatifdari daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta III untuk menduduki kursi Senayan, sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2014-2019. Hasil tersebut didapatkan kala Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta menetapkan hasil rekapitulasi suara hasil Pemilu 2014 wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Barat dan Jakarta Utara, di Hotel Borobudur, pada Kamis (24/4).

Ketiga nama yang kemungkinan besar terpilih sebagai wakil rakyat Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu, dari PDIP ialah Calon Gubernur Sumatera Utara 2013 nan juga merupakan petahana dapil ini, Effendi MS Simbolon, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya Jakarta, Darmadi Durianto, dan Direktur PT. Foton Mobilindo, Charles Honoris.

Selanjutnya, tiga bangku Senayan pada dapil ini kemungkinan besar akan diberikan pada mereka yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014, yakni Adang Dorojatun (PKS), Ahmad Dimyati Natakusumah (PPP), dan caleg “pindahan” dari dapil Sumatera Selatan II, Tantowi Yahya (Golkar).

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia mengalokasikan delapan kursi untuk dapil DKI Jakarta III, artinya masih terdapat dua kursi kosong untuk para caleg dapil DKI Jakarta III mengisi DPR RI periode 2014-2019.

Kedua kursi tersisa itu diperkirakan akan menjadi milik caleg Partai Nasdem nomor urut satu, Ahmad Sahroni, dan keponakan Ketua Umum Dewan Pembina Partai Gerindara, Aryo PS Djojohadikusumo (Gerindra).

Ketua DPR Gagal

Gedung DPR RI di Senayan kemungkinan besar tidak akan lagi dihiasi sosok yang kini tengah mengemban tugas sebagai Ketua DPR RI, yakni Marzuki Alie. Selanjutnya, nama politikus PKS nan pernah diduga menggunakan anggaran negara dengan menempeli biskuit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan informasi mengenai dirinya, Wirianingsih juga harus mengurungkan niatnya untuk mengabdikan dirinya sebagai Anggota DPR RI periode 2014-2019.

Bersama Marzuki dan Wirianingsih, ada nama Ade Surapriatna (Golkar), dan Vera Febyanthy (Demokrat), yang gagal merebut kursi Senayan meskipun pada Pemilihan Legislatif 2014 ini mereka turut bertempur lagi.

Selain itu, hasil ini sekaligus menggugurkan perjuangan beberapa nama caleg terkenal yang menghiasi Daftar Calon Tetap (DCT) dapil DKI Jakarta I, seperti  artis, Jane Shalimar (Nasdem), mantan atlet renang nasional, Richard Sam Bera (PDIP), Direktur Utama RCTI 1991-1999, MS Ralie Siregar (Gerindra).

Berikutnya, dapil ini juga menelan beberapa korban lainnya, yakni sang pengacara “kontroversial”, Muhammad Farhat Abbas (Demokrat), model, Raslinna Rasidin (PAN), Penyanyi, Ida Royani (PAN), aktor sinetron, Jeremy Thomas (PAN).

Tidak ketinggalan nama komedian “Bajaj Bajuri”, Nasrullah (PPP), aktor sekaligus presenter, David (Hanura), Ketua Umum Hizbut Tahrir Indonesia 2002-2004, Muhammad Gatot Saptono (PBB), dan penyanyi lagu berbahasa Mandarin, Meliana Pancarani (PKPI), menjadi korban "keganasan" dapil DKI Jakarta III.

Pada Pemilu 2014 ini, pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) untuk dapil DKI Jakarta III adalah 2.778.872 orang. Namun, menurut penghitungan KPUD DKI Jakarta, tercatat hanya 2.104.801 orang menggunakan yang hak memilihnya, dengan datang ke TPS pada 9 April lalu.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home