Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:40 WIB | Kamis, 19 Januari 2017

Pegiat Hak Hewan Tuntut Kebun Binatang Bandung Ditutup

Ilustrasi: gajah bernama Yani yang mati secara tragis di Kebun Binatang Bandung tahun lalu. (Foto: voaindonesia.com)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – Para pegiat hak hewan hari Rabu (18/1) mendesak agar kebun binatang Bandung ditutup, setelah beredar foto beruang madu penghuni kebun binatang itu minta makan dari pengunjung dan makan kotorannya sendiri. Dalam gambar yang beredar di dunia maya beruang-beruang madu itu melambai-lambaikan tangan di dalam kandang mereka, dengan tulang rusuk tampak nyata di balik bulu dada, sementara pengunjung melemparkan makanan ke arah mereka.

Dalam satu video, seekor beruang buang kotoran di dalam kandang, dan kemudian memakannya.

Banyak kebun binatang di Indonesia, tidak dirawat dengan baik dan sering ada laporan hewan mati di kandang mereka. Kebun binatang Bandung tahun lalu menuai kecaman setelah seekor gajah Sumatera yang terancam punah mati.

Scorpion Wildlife Trade Monitoring Group, yang merekam gambar video beruang yang ada di kebun binatang Bandung menginginkan agar tempat itu ditutup.

“Beruang makan kotorannya sendiri, ini adalah karena mereka sangat, sangat lapar,” kata Gunung Gea, direktur organisasi itu kepada kantor berita AFP, seperti yang dikutip dari voaindonesia.com.

“Kandang beruang sangat kotor, dan pengunjung bebas memberikan apa saja yang mereka mau, mereka melemparkan makanan yang tidak sehat untuk hewan.

Penyidik Scorpion menyatakan keprihatinan setelah melakukan kunjungan tahun lalu. Dalam kunjungan lanjutan bulan ini, mereka mendapati bahwa kandang-kandang masih kotor dan beruang-beruang tampak lapar.

Sebuah petisi online yang dipasang Scorpion, memprotes perlakuan terhadap beruang-beruang itu telah mendapat lebih dari 3000 tanda tangan, dan kelompok itu juga melancarkan protes menyerukan agar kebun binatang itu ditutup.

Namun, juru bicara kebun binatang Bandung Sudaryo, membantah bahwa beruang-beruang itu diperlakukan secara tidak layak atau kurang makan.

“Kami beri makan dua kali sehari,” katanya. “Itu berarti pihak manajemen sudah melaksanakan tugasnya.”

Kebun binatang yang menjadi berita besar, di kota Surabaya, dijuluki sebagai “kebun binatang kematian” karena ratusan hewan di tempat itu mati dalam beberapa tahun terakhir. Beruang madu adalah jenis beruang paling kecil yang tinggal di hutan tropis dan rawa-rawa Asia Tenggara. 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home