Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:36 WIB | Selasa, 06 Februari 2018

Pejabat Tertinggi Kedua Korut Mungkin akan Bertemu Presiden Korsel

Kim Yong Nam, Presiden Presidium Majelis Tertinggi Rakyat Korea Utara, pejabat tertinggi kedua Korea Utara, dijadwalkan menghadiri pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang. (Foto: UPI.com)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM – Seorang juru bicara kepresidenan Korea Selatan menyambut baik keputusan Korea Utara untuk mengirimkan delegasi yang dipimpin oleh pejabat tertinggi keduanya guna menghadiri upacara pembukaan Olimpiade PyeongChang.

Kim Eui-kyeom pada hari Senin (5/2/2018), seperti diberitakan Kantor Berita NHK, berbicara kepada para wartawan mengenai kunjungan oleh Presiden Presidium Majelis Tertinggi Rakyat Korea Utara, Kim Yong Nam, dan delegasinya.

Juru bicara tersebut merujuk Kim sebagai “pejabat pemerintahan tertinggi Korea Utara di bawah konstitusi negara”.

Ia menyebutkan keputusan untuk mengirim Kim mencerminkan tekad Korea Utara untuk hubungan antar-Korea yang lebih baik dan kesuksesan olimpiade.

Ia mengatakan Pemerintah Korea Selatan akan bersiap bagi berbagai kesempatan demi komunikasi dengan Korea Utara, termasuk kemungkinan pertemuan antara Presiden Moon Jae-in dan Kim Yong Nam.

Korea Utara memberitahu Seoul pada Minggu (4/2/2018) malam bahwa Kim akan memimpin delegasi tingkat tinggi untuk mengunjungi Korea Selatan mulai hari Jumat hingga Minggu.

Pemerintahan Moon berharap dialog antar-Korea akan mengarah pada perundingan antara Amerika Serikat dan Korea Utara guna menekan Pyongyang dalam menghentikan pengembangan nuklirnya. Namun, media Korea Selatan mengatakan diperkirakan tidak ada kemajuan terkait masalah nuklir Korea Utara meski Moon menggelar pertemuan dengan Kim Yong Nam, yang tidak terlibat secara langsung dalam militer Korea Utara.(nhk.or.jp)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home