Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:51 WIB | Rabu, 30 Juni 2021

Pejuang Tigray Menolak Gencatan Senjata Ethiopia

Pejuang Tigray Menolak Gencatan Senjata Ethiopia
Tentara pemerintah Ethiopia dalam truk di jalan dekat Agula, utara Mekele, di wilayah Tigray di Ethiopia utara. Pemerintah Ethiopia mengatakan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media pemerintah hari Senin, 28 Juni 2021, bahwa mereka "secara positif menerima" seruan untuk segera melakukan gencatan senjata sepihak di wilayah Tigray setelah hampir delapan bulan konflik mematikan. (Foto-foto: dok. AP/Ben Curtis)
Pejuang Tigray Menolak Gencatan Senjata Ethiopia
Sebuah tank yang hancur berada di sisi jalan menuju Abi Adi, di wilayah Tigray, Ethiopia utara.

ADIS ABABA, SATUHARAPAN.COM-Para pejuang yang sekarang merebut kembali bagian dari wilayah Tigray Ethiopia akan mengejar tentara dari negara tetangga, Eritrea. Kembali ke negara mereka dan mengejar pasukan Ethiopia ke Addis Ababa "jika itu yang diperlukan" untuk melemahkan kekuatan militer, kata juru bicara mereka hari Selasa (29/6) di tengah konflik yang telah menewaskan ribuan warga sipil dan tampaknya akan berlanjut.

Dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, juru bicara itu, Getachew Reda, mengatakan bahwa “kami tidak akan berhenti untuk membebaskan setiap inci” wilayah Tigray yang berpenduduk enam juta orang, hampir delapan bulan setelah pertempuran meletus antara pasukan Tigray dan tentara Ethiopia yang didukung oleh Eritrea.

Dia menolak gencatan senjata sepihak yang dinyatakan pemerintah Ethiopia pada hari Senin (28/6) sebagai "lelucon yang menyakitkan" dan menuduh Ethiopia telah lama menolak bantuan kemanusiaan kepada Tigrayan yang sekarang "pura-pura peduli."

Ethiopia mendeklarasikan gencatan senjata sepihak ketika tentaranya dan pemerintahan sementara regional yang dipilih langsung melarikan diri dari ibu kota regional Tigray menyusul beberapa pertempuran paling sengit dalam perang tersebut.

"Kami ingin menghentikan perang secepat kami bisa," kata juru bicara Tigray. Namun dia mengatakan membebaskan wilayah itu bukan hanya tentang wilayah. “Jika masih ada ancaman di sebelah,” apakah itu di Eritrea, “ekstremis” dari wilayah tetangga Amhara yang telah menduduki Tigray barat atau pasukan Ethiopia, ini tentang memastikan keamanan Tigray, katanya.

Komentar itu pasti akan membawa alarm baru dari Amerika Serikat, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), dan lainnya yang telah mendesak diakhirinya pertempuran di negara terpadat kedua di Afrika yang telah mengirim ratusan ribu orang Tigrayan ke dalam krisis kelaparan terburuk di dunia dalam satu dekade.

Tentara Eritrea, yang dituduh oleh saksi dari beberapa kekejaman perang terburuk terhadap Tigrayan, meninggalkan kota Shire, Axum dan Adwa, kata saksi, tetapi tidak jelas apakah mundur itu sementara. Kementerian informasi Eritrea, musuh lama mantan pemimpin Tigray, dan digambarkan oleh kelompok hak asasi manusia sebagai salah satu negara paling represif di dunia, tidak segera menanggapi pertanyaan itu.

“Kami belum tahu apakah mereka menarik diri” dari Tigray, kata pejabat Asisten Menteri Luar Negeri AS, Robert Godec, mengatakan kepada Komite Urusan Luar Negeri DPR AS. Dia mengatakan AS tidak melihat pernyataan dari Eritrea yang mengatakan pihaknya berkomitmen pada gencatan senjata setelah "apa yang tampak sebagai penarikan signifikan pasukan pertahanan nasional Ethiopia dari Tigray."

Para pemimpin Tigray telah mengobarkan perang gerilya sejak November setelah pertikaian politik dengan pemerintah Perdana Menteri Abiy Ahmed, yang telah menyingkirkan mereka dari peran berpengaruh dalam pemerintahan dan militer Ethiopia.

Kedatangan pasukan Tigray di ibukota daerah, Mekele, pada hari Senin disambut dengan sorak-sorai. Para pejuang pada hari Selasa pindah ke Axum dan Shire, sebuah kota yang dalam beberapa bulan terakhir menyaksikan kedatangan ratusan ribu orang yang melarikan diri dari intimidasi di Tigray barat dan merupakan daerah pementasan utama untuk bantuan kemanusiaan.

Pasukan Tigray sekarang menguasai sebagian besar wilayah itu setelah serangan balasan besar-besaran dengan dukungan massa, kata analis International Crisis Group, William Davison, dalam sebuah pernyataan. Mereka “sekarang dalam posisi untuk memfasilitasi akses ke banyak daerah yang sebelumnya sulit dijangkau,” katanya, mendesak pemerintah Ethiopia untuk tidak menyabotase upaya kemanusiaan yang mendesak. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home