Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 01:29 WIB | Senin, 12 November 2018

Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bandung Tasikmalaya dan Cimahi

Pendidikan dalam Sinergi Sekolah, Orang Tua dan Gereja
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bandung Tasikmalaya dan Cimahi
Pengurus Harian BPK PENABUR dengan Pengurus BPK PENABUR Bandung Masa Pelayanan 2018-2022 yang baru dilantik. (Foto-foto: BPK PENABUR)
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bandung Tasikmalaya dan Cimahi
Adri Lazuardi Ketua Umum BPK PENABUR (kiri) berjabat tangan dengan Erwien Kosasih Ketua Pengurus BPK PENABUR Bandung di acara pelantikan.
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bandung Tasikmalaya dan Cimahi
Adri Lazuardi Ketua Umum BPK PENABUR (berdiri) sedang berkomunikasi dengan para guru dan karyawan BPK PENABUR Tasikmalaya.
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bandung Tasikmalaya dan Cimahi
Pengurus BPK PENABUR Tasikmalaya.

SATUHARAPAN.COM - Adri Lazuardi yang menjabat sebagai Ketua Umum BPK PENABUR, pada akhir pekan ini melantik Pengurus Setempat BPK PENABUR yang ada di tiga daerah. Pada Sabtu (10/11/2018) yaitu BPK PENABUR Bandung dan Minggu (11/11/2018) yaitu BPK PENABUR Tasikmalaya dan BPK PENABUR Cimahi. Bertajuk “Berani Berubah”, Adri menyatakan bahwa berani berubah adalah sikap yang tepat dalam menghadapi tantangan jaman di era Revolusi 4.0.

Selain itu, PKBN2K (Pendidikan Kristen Berbasis Nilai-Nilai Kristiani) menjadi fokus BPK PENABUR. Karena dengan inilah BPK PENABUR akan membangun generasi bangsa yang akan datang, yang tidak hanya memiliki kecerdasan tapi juga karakter yang memampukan mereka berada di tengah-tengah masyarakat dan berkontribusi di dalamnya melalui bidang yang mereka tekuni. Penerapan PKBN2K tersebut tidak hanya untuk anak didik saja tetapi juga menyeluruh kepada para guru dan karyawan. Guru memiliki peranan yang besar sebagai saksi Kristus, di mana sosok guru menyatu dengan kehidupan Kristus. Sehingga ke depannya, sebagai pendidik, guru-guru PENABUR memiliki pondasi iman dan karakter yang kuat. Adri juga memiliki keyakinan bahwa keberagaman yang ada di BPK PENABUR baik talenta, prestasi, maupun suku, ras dan lainnya adalah sebagai kekuatan, sehingga BPK PENABUR mampu berdiri di tengah-tengah perkembangan jaman. 

Tiga pilar yang mendorong kemajuan BPK PENABUR sebagai institusi pendidikan dijelaskan oleh Adri yaitu sekolah, orang tua dan gereja. Hal ini juga yang menjadi perhatian bagi BPK PENABUR setempat berikut ini:

 

BPK PENABUR Bandung

BPK PENABUR Bandung sebelumnya bernama KPS (Komisi Pembantu Setempat) Bandung dan didirikan pada 26 Mei 1959. Hingga saat ini, sekolah yang berada di sembilan kompleks ini memiliki  29 sekolah yaitu 8 TKK, 8 SDK,  6 SMPK,  7 SLTAK  (6 SMAK dan 1 SMKFK). Gedung Sekolah SMPK-SMAK & Auditorium BPK PENABUR Singgasana adalah gedung terbaru yang diresmikan pada 10 Februari 2018 lalu. 

Dalam pencapaiannya, BPK PENABUR Bandung terus menunjukan prestasi yang membanggakan diantaranya SMK Farmasi BPK PENABUR Bandung mendapatkan nilai Ujian Nasional tertinggi SMK se-Jawa Barat Tahun 2018. Sementara dalam bidang olah raga, Tim Basket Putra SMAK 3 PENABUR Bandung berhasil mendapatkan gelar Champion pada ajang DBL Honda 2018. Kemudian, pada Lomba Menulis Esay yang diselenggarakan dalam rangka hut MPKI ke 68 bekerja sama dengan KPK PENABUR, Juni 2018, Kayla Zoe berhasil meraih Juara II.

Pelantikan berlangsung di GKI (Gereja Kristen Indonesia) Pasirkaliki, Jl. Pasir Kaliki No. 157, Pamoyanan, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Erwien Kosasih yang didapuk sebagai Ketua Pengurus BPK PENABUR Bandung mengatakan bahwa saat ini prestasi akademis maupun non akademis sudah baik, namun dengan PKBN2K, anak akan memiliki budi pekerti yang baik. Erwien yang juga berprofesi sebagai wiraswasta ini mengajak seluruh warga gereja terutama GKI untuk menyekolahkan anaknya di BPK PENABUR Bandung karena PENABUR didirikan untuk memenuhi kebutuhan gereja akan pendidikan. “Gereja dan sekolah harus sama-sama mendukung satu sama lain terutama dalam penyelenggaraan pendidikan,” ungkap Erwien.

 

BPK PENABUR Tasikmalaya

BPK PENABUR Tasikmalaya pada awalnya hadir dari gagasan untuk mendirikan sekolah yang menjawab kebingungan jemaat GKI Jabar yang ingin menyekolahkan anaknya. Dengan dukungan dari jemaat dan majelis jemaat maka pada 15 Oktober 1953 berdiri TKK dan SD yang diberi nama SD Masehi. Dukungan nyata juga terlihat dari pengurus yang pertama kali itu, ikut membantu mengajar. Perkembangan sekolah terus berlanjut hingga orangtua yang menyekolahkan anaknya tidak hanya yang berasal dari dalam kota tetapi juga berasal dari Banjar dan Ciamis. 

Saat ini, BPK PENABUR Tasikmalaya mengelola empat sekolah yaitu TKK (Jl. Veteran No.51), SDK dan SMPK  (Jl. Selakaso No.63), SMAK Jl. Ibu Apipah 1. Sementara itu, peserta didiknya berjumlah 652, dengan 87 guru dan karyawan.

Prestasi yang baik terukir selama ini, diantaranya nilai UN tertinggi yang diraih oleh SMPK dan SMAK untuk tahun 2017-2018, dan ada peserta didik yang mewakili PORDA (Pekan Olah Raga Daerah) 2018 dalam cabor senam. 

Tidak hanya berfokus pada prestasi, Pendidikan Karakter di BPK PENABUR Tasikmalaya juga akan lebih ditingkatkan seperti nilai-nilai mandiri, gigih, maupun tidak gampang menyerah. Karena inilah yang memampukan peserta didik untuk menghadapi kehidupan di masyarakat. 

Ketua BPK PENABUR Tasikmalaya Ferri Candra berharap dapat terjalin lebih baik lagi sinergi antara sekolah dengan orang tua karena dalam mendidik karakter tidak akan maksimal jika tidak didorong dari rumah di mana peserta didik lebih banyak menghabiskan waktunya.

Ferri yang sudah melayani sebelumnya di BPK PENABUR Tasikmalaya selama 8 tahun, memaparkan bahwa meskipun ada kesenjangan antara guru senior dan baru, namun masing-masing memiliki kelebihan yang dapat saling melengkapi. “Dalam kaitan dengan teknologi, guru baru dapat memberikan kontribusinya, sebaliknya guru senior dapat memotivasi guru baru untuk dapat berkarya lebih baik,” tutur Ferri yang memiliki kecintaan pada sekolah dan dunia pendidikan.

 

BPK PENABUR Cimahi

BPK PENABUR Cimahi dalam sejarahnya, merupakan jawaban atas kerinduan jemaat GKI Jabar Cimahi akan hadirnya sekolah Kristen. Selain itu,  di tahun 1957 terjadi banyak penutupan sekolah asing oleh pemerintah untuk beroperasi di Indonesia. Sehingga pada Agustus 1961 majelis GKI Jabar mewujudkan cita-citanya untuk mendirikan sebuah sekolah di Cimahi.

Sekarang,  BPK PENABUR Cimahi memiliki total jumlah peserta didik 895 orang dengan jumlah guru dan karyawan 119 orang. Sekolah berada di dua lokasi yaitu di Jl. M.K. Wiganda Sasmita No. 23 (jenjang TKK) dan Jl. Encep Kartawira No. 75 (jenjang SD-SMP). 

Di tahun 2016, Jenjang SMP berhasil meraih Juara I Tingkat Provinsi di  OSN Nasional untuk mata pelajaran IPS. Sementara, TKK PENABUR Cimahi didapuk sebagai Juara I Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kota Cimahi pada 2014.

BPK PENABUR Cimahi diharapkan dapat menjadi sebuah sekolah yang ramah bagi peserta didik, pendidik dan orang tua sebagai tiga pilar dalam pendidikan. PKBN2K juga menjadi fokus sehingga keluarga besar BPK PENABUR Cimahi mengandalkan dan takut akan Tuhan.

Dalam pelantikan Pengurus BPK PENABUR Cimahi yang berlangsung di GKI Cimahi, Drs. Sumarmo yang menjabat sebagai Ketua BPK PENABUR Cimahi 2018-2022 mengungkapkan bahwa kerja sama antara sekolah dengan orang tua diharapkan dapat terjalin dengan baik, karena pendidikan tidak hanya terjadi di sekolah saja tetapi juga di dalam keluarga. (PR)

 

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home