Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 23:04 WIB | Selasa, 17 Maret 2015

"Pembangunan Pembangkit Listrik harus Pakai Komponen Lokal"

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil. (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –  Pembangunan pembangkit listrik 35.000 megawatt akan ditekankan pada penggunaan komponen lokal.

"Kami tekankan untuk pakai local content (komponen lokal). Jangan sampai pembangunannya cepat selesai tapi menggunakan barang dari luar semua," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa (17/3).

Sofyan menegaskan bahwa Indonesia akan perlahan mengurangi ketergantungan pada komoditas dari pihak asing, sekaligus meningkatkan sumber pemasukan bagi negara bila menggunakan komponen lokal.

Tujuan lain dari penggunaan komponen lokal, menurut Sofyan yakni menjadi kesempatan bagi teknisi dan insinyur Indonesia untuk mengembangkan teknologi kelistrikan dan sumber daya energi yang lebih maju.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo agar proyek pembangkit listrik bisa segera diselesaikan mengingat kebutuhan energi nasional yang semakin meningkat.

"7.000 megawatt sudah terealisasi, sisanya masih menunggu tender dan negosiasi. Tapi kita yakin bisa tercapai. Petunjuk presiden juga jelas, kebutuhan kita ke depan tinggi. Sekarang baru terisi 55.000 megawatt," kata Sofyan.

Sofyan mengatakan apabila membandingkan Indonesia dan Tiongkok yang memiliki pasokan listrik mencapai 1,3 juta megawatt, kebutuhan Indonesia masih terlampau sedikit. (Ant).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home