Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:56 WIB | Jumat, 10 Juni 2022

Pemberontak Pro Rusia Hukum Mati Tiga Tentara Asing Ukraina

Dua warga negara Inggris Aiden Aslin, kiri, dan Shaun Pinner, kanan, dan warga Maroko, Saaudun Brahim, tengah, duduk di balik jeruji besi di ruang sidang di Donetsk, di wilayah yang berada di bawah kendali Pemerintah Republik Rakyat Donetsk, Ukraina timur, Kamis, 9 Juni 2022. (Foto AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Dua warga negara Inggris dan seorang warga Maroko dijatuhi hukuman mati pada hari Kamis (9/6) karena berperang di pihak Ukraina, dalam hukuman yang dijatuhkan oleh pemberontak pro Moskow di negara itu.

Proses terhadap tiga pejuang yang ditangkap dikecam oleh Ukraina dan Barat sebagai penipuan dan pelanggaran aturan perang.

Sementara itu, ketika pasukan Kremlin melanjutkan perang di timur, Presiden Rusia, Vladimir Putin, tampaknya menyamakan tindakannya dengan tindakan Petrus Agung di abad ke-18 dan mengatakan negara itu perlu "mengambil kembali" tanah bersejarah milik Rusia.

Sebuah pengadilan di Republik Rakyat Donetsk yang memproklamirkan diri di Ukraina menemukan tiga pejuang bersalah karena berusaha menggulingkan kekuasaan dengan kekerasan, sebuah pelanggaran yang dapat dihukum mati di republik timur yang tidak diakui. Orang-orang itu juga dihukum karena kegiatan tentara bayaran dan terorisme.

Kantor berita negara Rusia, RIA Novosti, melaporkan bahwa para terdakwa, yang diidentifikasi sebagai Aiden Aslin, Shaun Pinner dan Brahim Saadoun, akan menghadapi regu tembak. Mereka memiliki waktu satu bulan untuk mengajukan banding.

Pihak separatis berpendapat bahwa ketiganya adalah “tentara bayaran” yang tidak berhak atas perlindungan biasa yang diberikan kepada tawanan perang. Mereka adalah pejuang asing pertama yang dihukum oleh pemberontak Ukraina yang didukung Rusia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina, Oleh Nikolenko, mengutuk proses tersebut sebagai tidak sah secara hukum, dengan mengatakan, "Sidang pertunjukan semacam itu menempatkan kepentingan propaganda di atas hukum dan moralitas."

Dia mengatakan bahwa semua warga negara asing yang berperang sebagai bagian dari angkatan bersenjata Ukraina harus dianggap sebagai personel militer Ukraina dan dilindungi seperti itu.

Menteri Luar Negeri Inggris, Luz Truss, menyatakan hukuman itu sebagai "penilaian palsu yang sama sekali tidak memiliki legitimasi." Juru bicara Perdana Menteri Boris Johnson, Jamie Davies, mengatakan bahwa di bawah Konvensi Jenewa, tawanan perang berhak atas kekebalan sebagai kombatan.

Ayah Saadoun, Taher Saadoun, mengatakan kepada surat kabar online berbahasa Arab Maroko, Madar 21, bahwa putranya bukan tentara bayaran dan dia memegang kewarganegaraan Ukraina.

Keluarga Aslin dan Pinner mengatakan bahwa kedua pria itu adalah anggota militer Ukraina yang sudah lama menjabat. Keduanya dikabarkan telah tinggal di Ukraina sejak 2018.

Ketiga pria itu bertempur bersama pasukan Ukraina sebelum Pinner dan Aslin menyerah kepada pasukan pro Rusia di pelabuhan Mariupol pada pertengahan April dan Saadoun ditangkap pada pertengahan Maret di kota Volnovakha.

Pejuang Inggris lainnya yang ditawan oleh pasukan pro Rusia, Andrew Hill, sedang menunggu persidangan.

Militer Rusia berargumen bahwa tentara bayaran asing yang bertempur di pihak Ukraina bukanlah kombatan dan harus menunggu hukuman penjara yang lama, jika ditangkap.

Dalam perkembangan lain, Putin menarik kesejajaran antara pendirian Peter the Great atas St. Petersburg dan ambisi Rusia modern.

Ketika tsar mendirikan ibu kota baru, “tidak ada negara Eropa yang mengakuinya sebagai Rusia. Semua orang mengenalinya sebagai Swedia,” kata Putin. Dia menambahkan: “Apa yang (Petrus) lakukan? Mengambil kembali dan memperkuat. Itulah yang dia lakukan. Dan sepertinya kita harus mengambil kembali dan memperkuat juga. ”

Putin juga tampaknya membiarkan pintu terbuka untuk ekspansi teritorial Rusia lebih lanjut. “Tidak mungkin, Apakah kamu mengerti?, mustahil untuk membangun pagar di sekitar negara seperti Rusia. Dan kami tidak bermaksud membangun pagar itu,” kata pemimpin Rusia itu.

Perkembangan Lain Invasi Rusia:

  • Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengatakan kepada Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, bahwa Prancis siap untuk mengirim lebih banyak “senjata berat” ke Ukraina, menurut kantor Macron. Pejabat Prancis tidak merinci persenjataannya. Percakapan telepon itu terjadi setelah Macron membuat marah para pejabat Ukraina dengan mengatakan kekuatan dunia tidak boleh “mempermalukan” Putin.”
  • Zelenskyy mengatakan tentara Ukraina terus mendorong pasukan Rusia kembali dari Kharkiv, kota terbesar kedua di negara itu, yang terletak di utara Donbas. Transmisi televisi Ukraina dipulihkan setelah menara TV ditembaki. “Memukul pusat televisi, menghancurkan saluran komunikasi, membuat orang terisolasi, ini adalah taktik penjajah yang tidak dapat mereka lakukan tanpanya, karena keterbukaan dan kejujuran juga merupakan senjata melawan semua yang dilakukan negara Rusia,” katanya Kamis (9/6) malam dalam pidato malamnya.

Perkembangan Di Medan Perang:

  • Pertempuran sengit berlarut-larut di kota Sievierodonetsk dalam yang dapat membantu menentukan nasib Donbas, jantung industri Ukraina di timur. Separatis yang didukung Moskow telah menguasai petak-petak Donbas sebelum invasi, dan pasukan Rusia telah memperoleh lebih banyak wilayah.
  • Penduduk Kharkiv melaporkan apa yang tampak seperti serangan rudal jelajah. Salah satunya menabrak supermarket. Yang lain menabrak pabrik kokas. Tidak ada detail yang segera tersedia sanggup.
  • Pasukan Rusia berusaha melanjutkan serangan mereka untuk sepenuhnya merebut wilayah Zaporizhzhia di tenggara Ukraina, kata pihak berwenang Ukraina. Kiev terus memegang bagian utara wilayah tersebut, termasuk kota Zaporizhzhia.
  • Tiga belas warga sipil tewas dalam penembakan Ukraina di kota Stakhanov yang dikuasai separatis di Donbas, kata utusan separatis pro Rusia di media sosial. Itu tidak segera mungkin untuk memverifikasi klaim.
  • Rusia mengklaim menggunakan rudal untuk menyerang pangkalan di barat ibu kota di wilayah Zhytomyr, di mana, katanya, tentara bayaran sedang dilatih. Tidak ada tanggapan segera dari pihak berwenang Ukraina. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home