Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:07 WIB | Jumat, 11 Februari 2022

Pembunuhan 60 Tahun Lalu Terungkap dari Pemeriksaan DNA dan Silsilah

Pemuda ahli DNA dan silsilah, Eric Schubert, 20 tahun, membantu memecahkan kasus itu, dan mengungkap siapa pelakunya.
Pembunuhan 60 Tahun Lalu Terungkap dari Pemeriksaan DNA dan Silsilah
Sebuah poster Marise Ann Chiverella ditampilkan dengan vas bunga dan topi polisi pada konferensi pers Kepolisian Negara Bagian Pennsylvania di Hazleton, Pa., Kamis, 10 Februari 2022. Polisi mengidentifikasi seorang pria yang mereka katakan memperkosa dan membunuh 9- gadis tahun 1964. (Foto-foto: AP Photo/Michael Rubinkam)
Pembunuhan 60 Tahun Lalu Terungkap dari Pemeriksaan DNA dan Silsilah
Polisi Anthony Petroski, kanan, membuka poster dengan gambar buku tahunan sekolah menengah James Paul Forte, di samping foto lain yang menunjukkan berkas kasus Polisi untuk Marise Ann Chiverella pada konferensi pers di Hazleton, Pa., Kamis, 10 Februari 2022. Polisi menuduh Forte sebagai pria yang memperkosa dan membunuh Marise Ann Chiverella yang berusia 9 tahun pada tahun 1964.
Pembunuhan 60 Tahun Lalu Terungkap dari Pemeriksaan DNA dan Silsilah
Eric Schubert, tengah, yang menurut polisi membantu memecahkan kasus dingin.

HAZLETON, SATUHARAPAN.COM-Ahli silsilah dan genetic (DNA) berusia 20 tahun membantu polisi negara bagian mengidentifikasi pria yang menculik, memperkosa, dan membunuh seorang gadis muda dalam kasus yang mengguncang kota Pennsylvania hampir enam dekade lalu, kata pejabat mengumumkan hari Kamis (10/2) .

Polisi negara bagian menggali mayat penyerang yang sudah lama mati itu bulan lalu dan mengatakan DNA-nya persis sama dengan DNA yang tertinggal di jaket korban, Marise Ann Chiverella, yang berusia Sembilan tahun. Dia diculik pada pagi hari tanggal 18 Maret 1964, saat dia berjalan ke sekolah di Hazleton, sekitar 129 kilometer utara Philadelphia.

Mayatnya ditemukan sore itu di sebuah lubang limbah batubara di dekatnya. Pihak berwenang mengatakan dia diperkosa dan dicekik.

Polisi mengidentifikasi pembunuhnya sebagai James Paul Forte, seorang bartender dengan catatan kekerasan seksual, yang meninggal secara alami pada tahun 1980 pada usia 38 tahun. Polisi mengatakan, Forte, yang berusia 22 tahun pada saat pembunuhan, tidak memiliki hubungan yang diketahui dengan pelaku, gadis kecil korban atau keluarganya.

Generasi penyelidik polisi negara bagian mengejar pembunuh Marise, lebih dari 230 anggota departemen terlibat dalam penyelidikan pada satu waktu atau yang lain, tetapi nama Forte tidak muncul sampai tahun 2020.

Pada saat itu, teknologi DNA baru telah membentuk hubungan keluarga yang jauh dengan Forte, dan Eric Schubert, seorang mahasiswa dan ahli dalam silsilah genetik yang secara sukarela menangani kasus ini, menyusun silsilah keluarga yang luas yang membantu penyelidik mempersempit daftar tersangka mereka.

Polisi negara bagian membuat pengumuman itu pada konferensi pers yang diisi dengan penyelidik saat ini dan pensiunan, termasuk polisi yang pertama kali menyelidiki pembunuhan Marise, dan empat saudara perempuan dan keluarga besar gadis kecil itu.

Kakak-kakaknya menyebut Marise sebagai gadis manis dan pemalu yang sedang belajar memainkan organ dan bercita-cita menjadi seorang biarawati.

“Kami memiliki begitu banyak kenangan berharga tentang Marise. Pada saat yang sama, keluarga kami akan selalu merasakan kehampaan dan kesedihan atas ketidakhadirannya,” kata saudara perempuannya, Carmen Marie Radtke. “Kami akan terus bertanya pada diri sendiri, apa yang akan terjadi, apa yang bisa terjadi?”

Dia mengatakan orang tua mereka yang telah meninggal tidak pernah mencari balas dendam, tetapi keadilan. “Berkat Kepolisian Negara Bagian Pennsylvania, keadilan telah ditegakkan hari ini,” katanya.

Terima Kasih Pada Schubert

Eric Schubert, seorang mahasiswa berusia 20 tahun dan ahli silsilah, tengah, berbicara pada konferensi pers Kepolisian Negara Bagian Pennsylvania di Hazleton, hari Kamis, 10 Februari 2022. Polisi mengatakan Schubert membantu mereka memecahkan pemerkosaan dan pembunuhan 1964 Marise Ann Chiverella, 9 tahun.

Sebagai mahasiswa jurusan sejarah di Elizabethtown College di Pennsylvania dan pemilik ES Genealogy, Schubert mengembangkan minat dalam disiplin ini sebagai anak muda dan telah membantu lembaga kepolisian lainnya memecahkan kasus lama mereka menggunakan silsilah genetik, yang memadukan penggunaan pengujian DNA dengan penelitian silsilah tradisional.

Dia sedang mencari kasus baru untuk dikerjakan ketika dia menemukan cerita Marise, dan menawarkan jasanya kepada Polisi Negara Bagian Pennsylvania. Dia terkejut ketika mereka menerima dan menghabiskan dua tahun berikutnya untuk kasus ini, bekerja berdampingan dengan para penyelidik.

“Penyelidikan yang mencakup semua pekerjaan ini mungkin merupakan tugas silsilah tersulit yang pernah saya hadapi. Ini mungkin hal tersulit yang pernah saya lakukan sepanjang hidup saya," katanya. “Dan itu sangat berarti bagi saya karena saya bisa berada di tim yang bisa memberikan jawaban kepada keluarga Chiverella.”

Pada titik tertentu, dia berkata, "Saya tahu kami akan menemukan penyerangnya."

Kepala polisi negara bagian, Mark Baron, mengatakan itu diyakini sebagai kasus tertua keempat di AS yang diselesaikan menggunakan silsilah genetik, dan yang tertua di Pennsylvania.

Baron, yang tersedak saat dia berbicara, menyebutnya sebagai hari penting bagi keluarga Marise dan bagi komunitas yang telah lama dihantui oleh pembunuhannya.

"Ini adalah kenangan yang jelas untuk semua orang yang hidup melalui ini, dan ini adalah memori yang jelas untuk semua orang yang tumbuh di daerah ini," katanya. “Apa yang terjadi padanya membawa perubahan dalam komunitas ini. Suka atau tidak suka, cara hidup Anda berubah setelah 18 Maret 1964 di Hazleton.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home