Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 12:59 WIB | Kamis, 17 Februari 2022

Pemerintah Florida Beri Makan Menatee dengan Sayur Selada

Sejauh ini telah memberikan sekitar 25 ton untuk mamalia laut yang masih sejenis dengan ikan duyung.
Pemerintah Florida Beri Makan Menatee dengan Sayur Selada
Manatee berenang di sebuah kanal, Rabu, 16 Februari 2022, di Coral Gables, Florida. Hewan berekor bulat, berhidung moncong yang populer di kalangan penduduk setempat dan turis telah mengalami kematian besar karena lamun yang mereka sukai sumber makanan menghilang karena pencemaran air dari pertanian, perkotaan, septic tank dan sumber lainnya. (Foto: AP/Rebecca Blackwell)
Pemerintah Florida Beri Makan Menatee dengan Sayur Selada

FLORIDA, SATUHARAPAN.COM-Ini upaya manusia yang belum pernah terjadi sebelumnya: memberi makan manatee (biasa jugadisebut ikan duyung) Florida yang kelaparan. Dan sejauh ini telah memberi mamalia laut itu lebih dari 25 ton sayur selada, kata para pejabat, hari Rabu (16/2).

Hewan berekor bulat, berhidung moncong yang populer di kalangan penduduk lokal dan turis itu telah mengalami kematian besar karena sumber makanan di padang lamun yang mereka sukai menghilang karena polusi air dari pertanian, perkotaan, tangki septik dan sumber lainnya.

Para pejabat mengatakan program pemberian makan yang melibatkan selada romaine yang disumbangkan di pabrik Florida Power & Light di pantai timur menarik sekitar 300 hingga 350 manatee per hari. Ada sebanyak 800 manate, terkadang kurang dari 60 saat mereka bergerak di sekitar saluran air.

“Kami membuat perbedaan,” kata Ron Mezich dari Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa (WFC) Florida selama konferensi pers online Rabu. “Ini memberi kita paparan terbesar terhadap jumlah hewan terbesar.”

Tahun lalu, rekor 1.101 kematian manatee yang tercatat, sebagian besar karena kelaparan. Rata-rata lima tahun yang khas adalah sekitar 625 kematian. Sejauh tahun ini, 164 kematian manatee telah terdaftar, hanya lima karena tabrakan dengan perahu, menurut statistik komisi satwa liar negara bagian.

“Kami telah melihat peningkatan kematian,” kata Tom Reinert, direktur regional selatan FWC dan juru bicara upaya federal di negara bagian itu untuk menyelamatkan manatee. “Kami menyesuaikan program kami untuk mendapatkan makanan sebanyak mungkin untuk manatee.”

Biasanya, pakar satwa liar menyarankan untuk tidak memberi makan hewan liar karena mereka mulai mengasosiasikan manusia dengan makanan. Dan tetap merupakan kejahatan bagi seseorang untuk memberi makan ikan duyung, meskipun para pejabat mengatakan banyak orang ingin membantu.

Cara terbaik adalah dengan menyumbangkan uang, kata mereka, melalui entitas yang disponsori, dan memastikan untuk melaporkan manatee yang sakit atau kesulitan. "Beri mereka makan dengan uang Anda," kata Reinert.

Melihat gambaran besarnya, diperkirakan ada 8.800 atau lebih manatee di perairan Florida. Itu peningkatan besar dari sekitar 2.000  pada 1990-an, sebagian dari alasan mengapa mereka dihapus dari daftar satwa terancam punah menjadi terancam oleh pemerintah federal.

Tetapi dengan kematian yang tidak biasa ini, Reinert mengatakan hanya ada 1% kemungkinan manatee akan punah di alam liar dalam waktu dekat. Kuncinya adalah memulihkan padang lamun, yang sejauh ini merupakan proyek jangka panjang yang didanai sebesar US$8 juta dolar negara bagian.

“Anda tidak bisa keluar begitu saja dan menanam seikat lamun,” katanya. “Proyek sedang dimulai dan sedang dalam tahap perencanaan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home