Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 20:34 WIB | Minggu, 03 April 2016

Pemerintah India Pastikan Pastor Tom dalam Kondisi Aman

Gambar artistik Pastor Thomas Uzhunnalil yang dipastikan dalam keadaan aman setelah sebelumnya diduga disalibkan oleh ISIS (Foto: New Indian Express)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM - Pastor Thomas Uzhunnalil yang sebelumnya disangka telah disalibkan kelompok jihadis ISIS dipastikan dalam keadaan selamat. Kepastian keselamatan pastor yang berasal dari Ordo Salesian, India, itu datang dari Menteri Luar Negeri India, Sushma Swaraj, pada hari Sabtu (2/4).

Berita gembira tersebut ia sampaikan kepada delegasi Catholic Bishops Council of India (CBCI) yang datang menemuinya.

Kepada tim yang dipimpin oleh Deputi Sekjen CBCI, Mgr Joseph Chinayyan, Swaraj mengatakan bahwa Pastor Tom berada pada keadaan yang sama sekali aman. Ia juga menegaskan berita yang mengatakan Pastor Tom telah disalibkan tidak memiliki dasar.

"Kami sangat gembira dan lega mendengar berita baik tentang Romo Tom," kata Chinnayan kepada The New Indian Express yang melansir berita ini hari ini (3/4)

Sampai hari ini, satu bulan sudah Pastor Tom berada di tangan penculiknya.

Pada kesempatan itu, CBCI menyampaikan keprihatinan yang mendalam dari Gereja Katolik di India atas nasib Pastor Tom Uzhunnalil.

Menurut Chinnayan, Sushma Swaraj meyakinkan mereka bahwa  pemerintah India tengah mengambil semua langkah yang mungkin untuk membebaskan Pastor Tom secepatnya.

Menurut delegasi CBCI,  rincian lebih lanjut negosiasi pembebasan Pastor Tom tidak dapat diungkapkan karena dapat membahayakan proses pembebasan sang pastor.

Sushma Swaraj, menurut Chinnayan, juga menceritakan kerja keras yang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri India,dan secara pribadi oleh dia, untuk mencari jalan aman bagi pembebasan suster Rema, satu-satunya biarawati yang masih hidup dari serangan teroris terhadap panti jompo yang dikelola oleh Misionaris Cinta Kasih yang didirikan Mother Teresa di Yaman. Dari panti itu pula Pastor Tom diculik dan sampai kini belum juga dibebaskan.

Delegasi CBCI mengucapkan terimakasih dari seluruh gereja di India atas berbagai langkah yang telah diambil oleh pemerintah India.

Delegasi CBCI terdiri dari Deputi Sekjen, Mgr Joseph Chinnayyan, Juru Bicara CBCI, Gyanprakash Topno, Direktur Eksekutif Caritas India, Pastor Joseph Manipadam dan Sekretaris Hukum CBCI, Jose Abraham.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home