Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 07:27 WIB | Kamis, 07 Juli 2016

Pemerintah Kaji Terumbu Karang Kepulauan Seribu

Ilustrasi: Pemandangan perrairan Kepulauan Seribu diambil dari Pulau Karya. (Foto: Dok satuharapan.com/Diah AR)

JAKARTA, SATUHARAPAN.OM - Pemerintah melakukan kajian pembentukan pusat pengembangan terumbu karang di Indonesia, di Kepulauan Seribu, Jakarta, kata bupati wilayah tersebut Budi Utomo.

Dalam perbincangan di rumah dinasnya, Pulau Pramuka, Jakarta, Rabu (6/7), rencana tersebut awalnya digulirkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim.

Tujuannya, katanya, untuk menjaga ekosistem laut di wilayah dengan dua kecamatan tersebut. "Pada tahun 2016 mulai melakukan identifikasi titik-titik oleh pemerintah," ujar Budi.

Dia mengatakan Kemenko Maritim bahkan telah meminta pendapat dari beberapa ahli terumbu karang di Indonesia.

"Mereka akan melakukan evaluasi terkait jenis karang yang bisa dikembangbiakkan di Kepulauan Seribu. Kami akan menunggu sembari membantu melakukan pemetaan lokasi," kata Budi.

Jika jadi diterapkan, pusat pengembangan terumbu karang tersebut akan melengkapi Taman Laut Nasional Kepulauan Seribu yang ditetapkan pemerintah melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 8310/Kpts-II/2002.

Luasan perairan Taman Laut Nasional Kepulauan Seribu adalah 107.489 hektare dan luasan darat 39,5 hektare meliputi Pulau Penjaliran Barat dan Pulau Penjaliran Timur.

Berdasarkan laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan, ada 54 jenis karang lunak dan keras di taman laut nasional itu, termasuk 144 jenis ikan, dua jenis kima, tiga kelompok ganggang seperti Rhodophyta, Chlorophyta, dan Phaeophyta, enam jenis rumput laut, seperti Halodule sp., Halophila sp.,  Enhalus sp., serta 17 jenis burung pantai.

Terkait dengan kerusakan lingkungan, pria yang juga pernah menjabat sebagai wakil bupati di lokasi serupa itu sadar bahwa daerah yang dipimpinnya rawan akan kerusakan ekosistem laut akibat tingginya jumlah wisatawan.

Karena itu, dia meminta masyarakat setempat dan penyedia perjalanan wisata mengingatkan pelancong agar menjaga kebersihan lingkungan, dengan contoh paling sederhana tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu, Budi juga mengingatkan agar kapal pembawa penumpang tidak sembarangan lego jangkar karena dapat merusak terumbu karang.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home