Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 08:44 WIB | Senin, 28 Februari 2022

Pemerintah Pertimbangkan Ubah Status COVID-19 dari Pandemi menjadi Endemi

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Sedang dipertimbangkan untuk mengubah status pandemi (COVID-19) menjadi endemi. "Kami juga mendapatkan arahan dari Bapak Presiden atas masukan Bapak Menko mengenai strategi dari pandemi menjadi endemi, dan kami sudah siapkan protokolnya," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers di Jakarta, hari Minggu (27/2).

Presiden Jokowi, katanya, meminta agar keputusan tersebut dipertimbangkan secara matang dengan memperhatikan berbagai pendekatan baik dari sisi sains, kesehatan, sosial, budaya dan ekonomi.

"Kami memahami bahwa tidak bisa hanya pertimbangan kesehatan atau saintifik saja yang digunakan dan itu juga yang terjadi di negara-negara lain," kata Budi. "Arahan Presiden agar diterapkan dengan hati-hati dan agar pertimbangan saintifik-nya, pertimbangan kesehatannya digunakan secara berimbang dengan pertimbangan sosial budaya maupun ekonomi."

Dia menyebutkan di berbagai negara yang sudah mencabut berbagai pembatasan terkait COVID-19, mereka mempertimbangkan berbagai pendekatan, tidak hanya pendekatan kesehatan dan saintifik saja.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home