Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 18:36 WIB | Kamis, 28 Juli 2016

Pemerintah Sekuat Tenaga Kawal Kebijakan Amnesti Pajak

Pemerintah Sekuat Tenaga Kawal Kebijakan Amnesti Pajak
Presiden Joko Widodo. (Foto-foto: Kris/Biro Pers Istana)
Pemerintah Sekuat Tenaga Kawal Kebijakan Amnesti Pajak
Presiden memberikan pengarahan kepada para pejabat Eselon I, II, dan III Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan di Istana Negara, Jakarta, hari Kamis (28/7).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah telah membulatkan tekad untuk menyukseskan kebijakan amnesti pajak. Presiden Joko Widodo menyerukan agar seluruh jajaran pemerintahan all-out dalam mengawal kebijakan tersebut.

Seruan tersebut disampaikannya dalam pengarahan kepada para pejabat Eselon I, II, dan III Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan di Istana Negara, Jakarta, hari Kamis (28/7).

Presiden menyebut saat ini masyarakat sangat antusias menyambut kebijakan pengampunan pajak. Dari sejumlah sosialisasi yang telah dilakukan, masyarakat yang datang selalu melebihi jumlah undangan.

"Waktu di Surabaya misalnya, yang diundang 2.000, yang datang 2.700. Di Medan ditambahi lagi, harusnya 2.000 jadi 3.000, tapi yang datang 3.500. Momentumnya ada, kesempatannya ada," kata Jokowi seperti disampaikan Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Kepala Negara menginstruksikan kepada para petugas pajak untuk lebih proaktif dalam melayani para wajib pajak. Jokowi berpendapat pelayanan yang diberikan oleh para petugas merupakan kunci dari kesuksesan kebijakan tersebut.

"Sekarang tergantung internal kita, bisa melayani mereka atau tidak? Bisa merangkul mereka atau tidak? Kuncinya nanti ada di situ. Sehingga utamanya di Dirjen Pajak dan pelaksana-pelaksana petugas pajak harus proaktif menemput bola. Tidak bisa lagi kita diam saja," tegas Presiden.

Lebih lanjut, Presiden mengatakan bahwa dirinya akan terus secara langsung melakukan sosialisasi mengenai kebijakan pengampunan pajak. Presiden juga menyerukan untuk all-out dan fokus pada kebijakan tersebut.

"Nanti akan saya datangi lagi. Singapura, Jakarta saya ulang lagi, Makassar, Semarang, Bandung, semuanya. Saya akan datang sendiri. Ini memberikan pesan bahwa pemerintah serius. Kita all-out untuk masalah amnesti pajak," ujarnya.

Tampak hadir dalam pengarahan tersebut Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Jaksa Agung Prasetyo, Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home