Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 18:31 WIB | Rabu, 22 Desember 2021

Pemerintah Tanggung Biaya Karantina Hanya untuk PMI, Pelajar dan ASN Yang Pulang

Fasilitas Karantina Wisma Atlet, Jakarta. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Fasilitas karantina Wisma Atlet dan  Rusun hanya bagi tiga kelompok Warga Negara Indonesia (WNI) yang pulang ke Tanah Air, yaitu, Pekerja Migran Indonesia (PMI), pelajar yang telah menyelesaikan studi di luar negeri, dan ASN yang kembali dari perjalanan dinas ke luar negeri.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, hari8 Selasa (21/12) mengatakan, "Ketiga kelompok ini nantinya akan ditanggung biaya karantinanya selama karantina yang diwajibkan."

Saat ini direncanakan terdapat tiga fasilitas karantina terpusat tambahan di DKI Jakarta, yaitu Rusun Lenggilingan di Pulogebang, Rusun Daan Mogot, dan LPMP DKI Jakarta.

Sedangkan untuk WNI atau WNA lainnya, termasuk dalam kategori wisatawan dapat memanfaatkan hotel rekomendasi Satgas COVID-19. Dan fasilitas karantina hotel ini sudah seharusnya dipesan sebelum kedatangan ke Indonesia.

Terkait dengan biaya karantina pemerintah telah menyesuaikan dengan dana yang dibutuhkan untuk sesuai dengan standar keuangan pemerintah. Sementara bagi masyarakat yang menempuh perjalanan ke luar negeri karena alasan mendesak harap mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan untuk karantina wajib tersebut.

Pemerintah akan menetapkan rencana penambahan durasi karantina jika terjadi kenaikan jumlah kasus nasional secara signifikan dan terjadi secara terus-menerus. Untuk itu pemantauan kondisi kasus terus dilakukan.

Apabila dari hasil studi populasi di kemudian hari ditemukan bahwa masa munculnya gejala sejak seseorang terinfeksi varian Omicron membutuhkan waktu yang lebih panjang, maka durasi Karantina akan disesuaikan kembali.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home