Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:28 WIB | Selasa, 16 Mei 2023

Pemilihan Presiden Turki Putaran Kedua, Oposisi Hadapi Perjuangan Berat

Pendukung yang mengenakan bendera Partai AK, Bendera Turki dan gambar Presiden Turki Tayyip Erdogan berdiri di luar markas Partai AK setelah pemungutan suara ditutup dalam pemilihan presiden dan parlemen Turki di Ankara, Turki 15 Mei 2023. (Foto: AFP)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Lawan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menghadapi perjuangan berat untuk mengakhiri pemerintahannya selama dua dekade di Turki dalam pemilihan putaran kedua pada 28 Mei setelah ia tampil lebih baik dari yang diperkirakan dalam putaran pertama pemungutan suara pada hari Minggu (14/5) tetapi tidak mencapai mayoritas langsung.

Warga Turki terbangun pada hari Senin (15/5) untuk melihat dukungan bagi Erdogan tepat di bawah ambang batas 50 persen yang diperlukan untuk menghindari pengiriman negara anggota NATO itu ke putaran kedua pemilihan presiden yang dipandang sebagai penilaian atas pemerintahan otokratisnya.

Media pro pemerintah menyambut baik hasilnya, dengan surat kabar Yeni Safak memproklamasikan “Rakyat menang,” mengacu pada Aliansi Rakyat Erdogan yang tampaknya telah memenangkan mayoritas di parlemen, berpotensi memberinya keunggulan penting dalam pemilihan presiden.

"Pemenangnya tidak diragukan lagi adalah negara kita," kata Erdogan dalam pidatonya di hadapan pendukungnya yang bersorak-sorai di markas besar Partai AK yang berkuasa di ibu kota Ankara semalam.

Menjelang pemilihan, oposisi telah merasakan peluang terbaiknya untuk menggulingkan Erdogan, didorong oleh jajak pendapat yang menunjukkan dia tertinggal dari penantang utamanya Kemal Kilicdaroglu. Tetapi hasilnya menunjukkan bahwa Erdogan dan Partai AK yang berakar pada Islam mampu menggalang pemilih konservatif meskipun ada krisis biaya hidup.

Kilicdaroglu, kepala aliansi enam partai, bersumpah untuk menang dalam putaran kedua dan menuduh partai Erdogan mengganggu penghitungan dan pelaporan hasil, meminta para pendukungnya di negara berpenduduk 84 juta itu untuk bersabar.

Pemilihan Penting

Prospek pemerintahan Erdogan memasuki dekade ketiga akan mengecewakan para aktivis hak-hak sipil yang mengkampanyekan reformasi untuk memperbaiki kerusakan yang mereka katakan telah dia lakukan terhadap demokrasi Turki.

Ribuan tahanan politik dan aktivis bisa dibebaskan jika oposisi menang.

Indeks saham utama Turki anjlok 6,4 persen dalam perdagangan pra pasar, dengan indeks perbankan turun 9,5 persen. Indeks saham utama Turki anjlok 6,4 persen dalam perdagangan pra pasar, dengan indeks perbankan turun 9,5 persen.

Pemilihan telah diawasi dengan ketat di Eropa, Washington, Moskow, dan di seluruh wilayah, di mana Erdogan telah menegaskan kekuatan Turki sambil memperkuat hubungan dengan Rusia dan memberi tekanan pada aliansi tradisional Ankara dengan Amerika Serikat.

Erdogan adalah salah satu sekutu utama Presiden Vladimir Putin dan penampilannya yang kuat kemungkinan akan mendorong Kremlin tetapi membuat bingung pemerintahan AS Joe Biden, serta banyak pemimpin Eropa dan Timur Tengah yang memiliki hubungan bermasalah dengan Erdogan.

Sedikit di Bawah Ambang

Dengan 99 persen kotak suara dihitung, Erdogan memimpin dengan 49,4 persen suara dan Kilicdaroglu dengan 44,96 persen, kata ketua Dewan Pemilihan Tinggi, Ahmet Yener, kepada wartawan. Jumlah pemilih sangat tinggi 88,8 persen.

Kandidat ketiga, Sinan Ogan yang nasionalis, meraih sekitar 5,2 persen suara dan para analis mengatakan dia dapat memainkan peran "raja" dalam putaran kedua jika dia memutuskan untuk mendukung salah satu dari keduanya.

Galip Dalay, rekan rekan di Chatham House, mengatakan aliansi penguasa Erdogan akan masuk ke putaran kedua "dengan keuntungan numerik dan psikologis."

“Selama masa kampanye menjelang putaran kedua, Presiden Erdogan kemungkinan besar akan menekankan stabilitas karena dia sudah mempertahankan mayoritas di parlemen,” kata Dalay.

Oposisi Yang Tenang

Pemimpin terlama Turki telah mengubah negara itu menjadi pemain global, mengubahnya dengan proyek infrastruktur besar seperti bandara dan jembatan serta membangun industri pertahanan yang menarik banyak pelanggan asing.

Ketidakpastian politik diperkirakan akan membebani pasar keuanganTurki dalam dua pekan ke depan. Semalam mata uang lira mencapai level terendah baru dua bulan terhadap dolar, melemah ke 19,70 sebelum merayap kembali ke 19,645 pada 06:00 GMT hari Senin.

Biaya asuransi terhadap kegagalan Turki atas utang negaranya melonjak ke level tertinggi enam bulan, melonjak 105 basis poin (bps) dari level hari Jumat menjadi 597 bps, menurut S&P Global Market Intelligence.

Suasana di markas partai oposisi mereda dalam semalam saat penghitungan suara. Sebelum pemilihan, jajak pendapat menempatkan Kilicdaroglu sedikit di depan, dengan dua jajak pendapat pada hari Jumat menunjukkan dia di atas ambang batas 50 persen.

Pihak oposisi berharap mendapat keuntungan dari kemarahan pemilih atas kesengsaraan ekonomi setelah kebijakan suku bunga rendah yang tidak ortodoks memicu krisis lira dan melonjaknya inflasi. Tanggapan lambat pemerintah terhadap gempa yang menewaskan 50.000 orang pada Februari juga diperkirakan akan mempengaruhi pemilih.

Kilicdaroglu telah berjanji untuk menghidupkan kembali demokrasi setelah bertahun-tahun represi negara, kembali ke kebijakan ekonomi ortodoks, memberdayakan institusi yang kehilangan otonomi di bawah Erdogan dan membangun kembali hubungan yang lemah dengan Barat.

Kritikus khawatir Erdogan akan memerintah dengan semakin otokratis jika dia memenangkan masa jabatan lain. Presiden berusia 69 tahun, seorang veteran dari selusin kemenangan pemilu, mengatakan dia menghormati demokrasi. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home