Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:54 WIB | Rabu, 18 Mei 2022

Pemilu Lebanon: Kelompok Hizbullah Kehilangan Mayoritas Parlemen

Menteri Dalam Negeri Lebanon, Bassam Mawlawi, tengah, berbicara selama konferensi pers tentang pemilihan parlemen hari Minggu, di kementerian dalam negeri di Beirut, Lebanon, Senin, 16 Mei 2022. (Foto: AP/Hassan Ammar)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Kelompok militan Hizbullah Lebanon dan sekutunya kehilangan mayoritas parlemen, menurut hasil pemilihan akhir menunjukkan pada hari Selasa 917/5). Sementara itu, lebih dari selusin partai pendatang baru independen memperoleh kursi.

Hasil pemilihan parlemen akhir pekan lalu menandakan pergeseran kekuasaan di negara yang hancur oleh krisis keuangan yang sedang berlangsung dan kemiskinan yang jumlahnya terus melonjak.

Hasil akhir untuk pemilihan hari Minggu menunjukkan tidak ada mayoritas yang jelas untuk kelompok mana pun, menunjukkan parlemen yang terfragmentasi dan sangat terpolarisasi, terbagi antara anggota parlemen yang pro dan anti-Hizbullah. Ini bisa menjadi kesulitan untuk bekerja sama membentuk pemerintahan baru dan memberlakukan reformasi yang sangat dibutuhkan.

Koalisi yang dipimpin Hizbullah memenangkan 61 kursi di badan legislatif yang beranggotakan 128 orang, penurunan 10 anggota sejak pemungutan suara terakhir diadakan empat tahun lalu. Ini kerugian yang sebagian besar disebabkan oleh kemunduran yang diderita oleh mitra politik kelompok tersebut. Kekalahan itu diperkirakan tidak akan melemahkan dominasi kelompok yang didukung Iran atas politik Lebanon, dan  hanya 13 kandidat Hizbullah yang mencalonkan diri terpilih.

Namun demikian, hasilnya dipuji sebagai terobosan bagi kelompok-kelompok yang menentang Hizbullah dan partai-partai politik arus utama lainnya di negara itu yang disalahkan atas krisis di Lebanon,  dan akan memperkenalkan lebih banyak wajah independen baru daripada yang diperkirakan.

Lawan Hizbullah yang paling vokal, partai Pasukan Nasionalis Kristen Lebanon, muncul sebagai pemenang terbesar, sementara saingan Kristennya, Gerakan Patriotik Bebas yang didirikan oleh Presiden Michel Aoun, mengalami kemunduran politik.

Meskipun Gerakan Patriotik Bebas adalah sekutu Hizbullah yang berbasis Muslim Syiah. Pasukan Nasionalis Kristen Lebanon sekarang memiliki blok terbesar di parlemen dengan 21 kursi, menyalip Gerakan Patriotik Bebas, yang sekarang memegang 18 kursi, turun tiga kursi dari pemungutan suara sebelumnya.

Meskipun mengalami kemunduran, Hizbullah dan sekutu utama dari kelompok Syiahnya, kelompok Amal pimpinan Ketua Parlemen Nabih Berri, mempertahankan 27 kursi yang dialokasikan untuk sekte Syiah.

Kelompok Independen dan pendatang baru, termasuk dari gerakan protes tahun 2019, meraup 14 kursi. Itu merupakan pencapaian besar mengingat mereka masuk ke dalam pemungutan suara yang terfragmentasi dan menghadapi intimidasi dan ancaman oleh partai-partai arus utama.

Tampilnya mereka mengirimkan pesan yang kuat kepada politisi kelas penguasa yang selama beberapa dekade bertahan di kursi mereka dan meskipun krisis ekonomi telah memiskinkan negara dan memicu gelombang emigrasi terbesar sejak perang saudara 1975-90.

“Hasilnya menunjukkan bahwa suasana Lebanon sekarang bertentangan dengan kelas penguasa ini dan juga bertentangan dengan keberpihakan politik dengan Iran,” kata pejabat Pasukan Lebanon, Wissam Raji. “Orang Lebanon tahu bahwa situasinya telah menjadi bencana dan solusinya bukan di tangan kelas penguasa.”

“Solusinya terletak pada perubahan radikal dalam peta politik Lebanon di semua tingkatan,” kata Raji, yang kelompoknya ambil bagian di sebagian besar pemerintahan hingga Oktober 2019.

Hasil-hasil tersebut juga menandakan parlemen yang terpolarisasi tajam, terbagi antara anggota parlemen yang pro dan anti-Hizbullah yang akan kesulitan bekerja sama untuk membentuk pemerintahan baru dan mengesahkan undang-undang yang diperlukan untuk memberlakukan reformasi untuk pemulihan keuangan di Lebanon.

Dengan dua blok utama, Hizbullah dan Pasukan Libanon, yang saling bertentangan, para analis mengatakan hasil tersebut dapat menyebabkan lebih banyak kelumpuhan pada saat negara itu sangat membutuhkan persatuan.

Juru bicara Sekretaris Jenderal PBB, Stephane Dujarric, menyerukan “pembentukan cepat pemerintah inklusif” yang dapat menyelesaikan kesepakatan dengan Dana Moneter Internasional dan mempercepat pelaksanaan reformasi yang diperlukan untuk menempatkan Lebanon di jalan menuju pemulihan.

PBB mendesak "Parlemen baru untuk segera mengadopsi semua undang-undang yang diperlukan untuk menstabilkan ekonomi dan meningkatkan pemerintahan," kata Dujarric.

Kerugian terbesar datang ke sekutu Hizbullah yang memiliki hubungan dekat dengan pemerintah Presiden Suriah, Bashar Assad, termasuk wakil ketua parlemen, Elie Ferzli, politisi Druze, Talal Arslan, yang telah memegang kursi selama tiga dekade, Asaad Hardan, dan Faisal Karami, putra mendiang Perdana Menteri, Omar Karami.

Pemilihan parlemen hari Minggu adalah yang pertama sejak krisis ekonomi Lebanon dimulai pada akhir 2019. Faksi-faksi pemerintah hampir tidak melakukan apa-apa untuk mengatasi keruntuhan, meninggalkan warga Lebanon berjuang sendiri ketika mereka jatuh ke dalam kemiskinan, tanpa listrik, obat-obatan, pengumpulan sampah atau kemiripan lainnya. dari kehidupan normal.

Pemungutan suara juga merupakan yang pertama sejak ledakan mematikan di pelabuhan Beirut pada Agustus 2020 yang menewaskan lebih dari 200 orang, melukai ribuan orang, dan merusak sebagian ibu kota. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home