Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:20 WIB | Selasa, 07 Februari 2023

Pemimpin Iran Beri Amnesti Puluhan Ribu Tahanan

Muncul gagasan untuk mendesak perubahan konstitusi Iran.
Peta Iran. (Foto: AP)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM - Pemimpin tertinggi Iran pada hari Minggu (5/2) dilaporkan memerintahkan amnesti atau pengurangan hukuman penjara bagi "puluhan ribu" orang yang ditahan di tengah protes anti pemerintah nasional yang mengguncang negara itu, mengakui untuk pertama kalinya skala tindakan keras.

Keputusan oleh Ayatollah Ali Khamenei, bagian dari pengampunan tahunan yang dilakukan pemimpin tertinggi sebelum peringatan Revolusi Islam Iran 1979, dikeluarkan karena pihak berwenang belum mengatakan berapa banyak orang yang mereka tahan dalam demonstrasi.

Media pemerintah juga menerbitkan daftar peringatan atas perintah yang akan mendiskualifikasi mereka yang memiliki hubungan di luar negeri atau menghadapi tuduhan mata-mata – tuduhan yang telah mendapat kecaman internasional yang luas.

Khamenei "setuju untuk menawarkan amnesti dan mengurangi hukuman puluhan ribu orang yang dituduh dan dihukum dalam insiden baru-baru ini," kata kantor berita IRNA yang dikelola negara dalam laporan Farsi.

Laporan IRNA selanjutnya yang dibawa oleh layanan berbahasa Inggrisnya mengatakan pengampunan dan pengurangan hukuman itu untuk "puluhan ribu narapidana, termasuk tahanan kerusuhan baru-baru ini di Iran." Pihak berwenang tidak segera mengakui perbedaan dalam laporan tersebut.

Laporan tentang keputusan tersebut tidak memberikan penjelasan atas keputusan Khamenei, yang memiliki keputusan akhir tentang semua masalah negara di Iran. Namun, penjara dan fasilitas penahanan sudah menghadapi kepadatan di negara itu setelah bertahun-tahun protes atas masalah ekonomi dan masalah lainnya.

Aktivis segera menolak keputusan Khamenei. “Pengampunan munafik Khamenei tidak mengubah apa pun,” tulis Mahmood Amiry-Moghaddam dari kelompok Hak Asasi Manusia Iran yang berbasis di Oslo. “Tidak hanya semua pengunjuk rasa harus dibebaskan tanpa syarat, tetapi juga merupakan hak publik bahwa mereka yang memerintahkan represi berdarah dan agen mereka dimintai pertanggungjawaban.”

Pihak berwenang juga tidak menyebutkan nama mereka yang telah diampuni atau hukuman yang lebih pendek. Sebaliknya, televisi pemerintah terus merujuk pada demonstrasi sebagai "kerusuhan yang didukung asing", daripada kemarahan yang tumbuh di dalam negeri atas kematian Masha Amini pada bulan September, seorang perempuan Iran-Kurdi yang ditahan oleh polisi moralitas negara. Kemarahan juga telah menyebar atas jatuhnya mata uang rial Iran terhadap dolar Amerika Serikat, serta Teheran mempersenjatai Rusia dengan drone pembawa bom dalam perangnya di Ukraina.

Lebih dari 19.600 orang telah ditangkap selama protes, menurut Aktivis Hak Asasi Manusia di Iran, sebuah kelompok yang melacak tindakan keras tersebut. Sedikitnya 527 orang telah tewas ketika pihak berwenang menindas demonstrasi dengan kekerasan, kata kelompok itu. Iran belum menyebutkan jumlah korban tewas selama berbulan-bulan. Itu sudah mengeksekusi setidaknya empat orang yang ditahan di tengah protes setelah pengadilan yang dikritik secara internasional.

Semua ini terjadi ketika kesepakatan nuklir Iran telah runtuh dan Teheran memiliki cukup uranium yang diperkaya untuk berpotensi membangun "beberapa" bom atom jika diinginkan, kata utusan nuklir utama PBB. Perang bayangan antara Iran dan Israel telah muncul dari kekacauan, dengan Teheran menyalahkan Israel atas serangan pesawat tak berawak di sebuah bengkel militer di Isfahan pekan lalu juga.

Sementara itu, seorang pemimpin oposisi yang telah lama ditahan di Iran menyerukan referendum nasional tentang apakah akan menulis konstitusi baru untuk Republik Islam tersebut.

Seruan Mir Hossein Mousavi, diposting hari Sabtu (4/2) malam oleh situs web oposisi Kaleme, termasuk dia mengatakan dia tidak percaya sistem Iran saat ini memberikan keputusan akhir kepada pemimpin tertinggi bekerja lebih lama lagi. Dia juga menyerukan pembentukan majelis konstitusional "perwakilan nyata" untuk menulis konstitusi baru.

Tetap tidak mungkin teokrasi Iran akan mengindahkan seruan politisi berusia 80 tahun itu. Dia dan istrinya telah menjadi tahanan rumah selama bertahun-tahun setelah kekalahannya dalam pemilihan presiden yang disengketakan pada tahun 2009 menyebabkan meluasnya protes Gerakan Hijau yang juga dipadamkan oleh pasukan keamanan. Namun, dia sendiri telah mendukung dan mengabdi di teokrasi Iran selama beberapa dekade.

Pada tahun 2019, Mousavi membandingkan Khamenei dengan mantan Shah Mohammad Reza Pahlavi, yang pemerintahannya membuat pasukan menembak mati para demonstran dalam sebuah peristiwa yang mengarah ke Revolusi Islam.

Secara terpisah, mantan Presiden reformis Mohammad Khatami mendesak “pemilihan umum yang bebas dan kompetitif” setelah pembebasan tahanan politik baik yang dipenjara maupun tahanan rumah.

"Reformisme setidaknya telah menghadapi ... jalan buntu, sehingga orang memiliki hak untuk frustrasi tentang sistem pemerintahan," kata Khatami dalam sebuah pernyataan yang beredar secara online.

Saat ini, garis keras mengontrol semua pengungkit kekuasaan di negara ini. Reformis seperti Khatami dan Mousavi sebelumnya berusaha mengubah dan membuka Republik Islam Iran sambil mempertahankan sistemnya. Namun semakin banyak pengunjuk rasa menuntut diakhirinya pemerintahan teokratis di negara tersebut mencoba. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home