Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:05 WIB | Rabu, 09 Mei 2018

Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi Diyakini Bersembunyi di Gurun Suriah

Masjid Besar al-Nuri di Mosul rusak berat usai pertempuran ISIS dan pasukan Irak. Al-Baghdadi terakhir kali muncul di masjid al-Nuri saat menyatakan dirinya sebagai "khalifah ISIS." (Foto: Fox News/Hollie McKay)

MOSUL, SATUHARAPAN.COM - Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi, seorang paling dicari di dunia, dengan hadiah sebesar 25 juta dolar AS bagi siapa yang berhasil menemukannya, sangat diyakini kemungkinan besar bersembunyi di daerah gurun Suriah.

Baghdadi yang nama aslinya adalah Ibrahim Awwad Ibrahim al-Basri menurut beberapa pejabat Irak sangat mungkin berlindung di benteng ISIS yang tersisa di Lembah Sungai Eufrat, sebuah medan tandus dengan dataran terbuka yang luas, di sisi Suriah yang berbatasan dengan Irak.

"Informasi terakhir yang kami miliki adalah dia berada di Al-Hajin di Suriah, 18 mil dari perbatasan di provinsi Deir ez-Zor," kata Abu Ali al-Basri, direktur jenderal intelijen dan kontra-terorisme Kementerian Dalam Negeri Irak kepada Fox News, Minggu (6/5).

Menurut Abu Ali al-Basri, laporan keberadaan Baghdadi tersebut adalah informasi terbaru, oleh karenanya akan segera dilakukan perburuan dengan "serangan multi-kekuatan" dengan melibatkan pasukan Rusia, Suriah, dan Iran.

Sedangkan juru bicara Departemen Pertahanan Irak Brigjen Yahya Rasool mengkonfirmasi kepada Fox bahwa Baghdadi dianggap masih hidup, dan ia mungkin berada di daerah perbatasan sebelah timur Sungai Eufrat, kemungkinan di kota al-Shadaddah di Provinsi al-Hasakah di timur laut Suriah.

"Tidak sulit baginya bersembunyi di gurun Suriah," kata Yahya Rasool.

Beberapa hari terakhir, angkatan udara Irak meningkatkan gempurannya kepada militan ISIS di Suriah. (foxnews.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home