Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 11:46 WIB | Jumat, 08 November 2019

Pemkab Jayapura Dorong Ekonomi Kreatif Lukisan Kulit Kayu

Suasana salah satu pelukis kulit kayu dari Kampung Asei menjual hasil lukisan kulit kayu (Foto: Antara)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura terus mendorong ekonomi kreatif lukisan kulit di Kampung Asei.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Elvis Kabey di Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (7/11), mengemukakan dengan diusulkannya kawasan danau sentani sebagai destinasi wisata unggulan nasional, pihaknya terus mendorong dan memfasilitasi para pelukis kulit kayu dari asei untuk promosi dan memasarkan karyanya.

"Kami pemerintah daerah kabupaten Jayapura akan terus mendorong dan memfasilitasi para pelukis kulit kayu dari asei untuk promosi dan memasarkan karyanya," ujarnya.

Elvis mengaku, dalam setiap event, baik itu festival atau pameran pembangunan di kabupaten Jayapura, pihaknya selalu melibatkan para pelukis kulit kayu dari Kampung Asei.

Sementara itu, Cory Ohee, pelukis kulit kayu dari Kampung Asei mengatakan pengetahuan melukis kulit kayu merupakan kreatifitas yang harus diteruskan ke generasi muda.

"Melukis ini merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang mendatangkan penghasilan, untuk itu, saya sering diminta sekolah untuk mengajarkan siswa melukis kulit kayu," ujarnya.

"Pihak sekolah juga minta saya mempersiapkan bahan-bahan untuk melukis seperti lembar kulit kayu, kuas dan pewarna," ujarnya.

Ia menambahkan, baru beberapa sekolah yang mengundangnya bersama pelukis kulit kayu asei lainnya ke sekolah. Cory tidak menyebutkan sekolah yang mengundangnya.

"Baru satu atau dua sekolah yang mengundang saya dan pelukis kulit kayu asei lainya ke sekolah. Diharapkan semakin banyak sekolah yang mengundang pelukis kulit kayu masuk sekolah untuk mengajar," tambah dia.(Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home