Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:23 WIB | Kamis, 29 Januari 2015

Pemkot Bekasi Tarik Ratusan Apel Mengandung Bakteri

Pekerja merapikan buah apel di salah satu toko buah di Jakarta, Kamis (22/1). (Foto: dok. satuharapan.com/Antara)

BEKASI, SATUHARAPAN.COM  - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menarik ratusan buah apel impor yang diduga telah terkontaminasi bakteri "listeria monocytogenes" yang buruk bagi kesehatan.

"Jenis apel yang kita tarik adalah jenis Granny Smith asal Amerika Serikat dan Royal Gala dari Prancis," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Bekasi Herbert Panjaitan, di Bekasi, Rabu (28/1).

Menurutnya, apel tersebut didapati petugas saat menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah swalayan dan toko buah yang menjajakan buah impor.

Dia mengatakan, sidak itu dilakukan pihaknya sebagai tindak lanjut atas imbauan Kementerian Perdagangan untuk mewaspadai peredaran apel impor yang diduga mengandung bakteri tersebut.

"Inspeksi ini sekaligus sebagai sosialisasi kepada penjual buah serta upaya kami memastikan warga aman dari kekhawatiran beredarnya apel berbahaya tersebut," katanya.

Sejumlah lokasi yang menjadi sasaran inspeksi Disperindagkop antara lain swalayan Giant di Mega Bekasi Hypermal, Farmers Market Grand Metropolitan Mal, Superindo Jalan KH Noer Alie, dan Toko Buah Tropis Jalan Ahmad Yani.

Petugas mendapati apel-apel jenis Granny Smith dan Royal Gala tersebut dijajakan di Toko Buah Tropis.

Sesuai dengan edaran Kementerian Perdagangan, apel-apel itu pun kemudian ditarik agar tidak diperjualbelikan kepada konsumen.

"Sesuai edaran, toko yang masih menjajakan apel-apel tersebut bisa dijatuhi sanksi. Kami akan pelajari terlebih dahulu apakah ada unsur kesengajaan dalam kasus ini," katanya. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home