Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:38 WIB | Jumat, 01 Mei 2020

Pemodelan Baru Penularan COVID-19 Buktikan Social Distancing Efektif di China

Seorang wanita yang mengenakan masker menyusuri jalan di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 26 Januari 2020. (Foto: Antara/Xinhua/Xiong Qi)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Sebuah pemodelan baru penularan COVID-19, yang dibuat berdasarkan data survei kontak dari hampir 1.200 orang di Kota Wuhan dan Shanghai di China, menunjukkan langkah jaga jarak sosial (social distancing) yang ketat sudah cukup untuk membatasi penularan SARS-CoV-2, virus penyebab penyakit COVID-19, demikian menurut sebuah makalah yang diterbitkan di majalah Science pada Rabu (29/4).

Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata kontak antarpribadi harian penduduk di Wuhan dan Shanghai turun 7-9 kali lipat, dari masing-masing 14 dan 20 kontak per hari, menjadi sekitar dua kontak per hari di kedua kota tersebut pada awal Februari lalu, setelah diterapkannya langkah social distancing.

Data survei itu menunjukkan, antara 78 dan 94 persen kontak tersebut terjadi di rumah, dan di antara sesama anggota keluarga, selama periode social distancing.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Juanjuan Zhang dari Universitas Fudan menggunakan data survei kontak itu, beserta data pelacakan kontak yang dikumpulkan di Provinsi Hunan, untuk membuat pemodelan matematis dari dinamika penularan SARS-CoV-2.

Hasil pemodelan mereka menunjukkan bahwa langkah social distancing, dan penurunan kontak antarpribadi harian yang ditimbulkannya, menyebabkan angka penularan di Wuhan dan Shanghai menurun di bawah tingkat epidemi, menurut penelitian tersebut.

Penelitian itu juga mengungkapkan, anak-anak berusia di bawah 15 tahun rupanya 40 persen lebih rentan terhadap infeksi SARS-CoV-2, sama seperti pada kaum lanjut usia yang berumur di atas 64 tahun.

Meskipun upaya penutupan sekolah secara proaktif saja tidak cukup untuk menghentikan penularan virus, langkah itu dapat mengurangi timbulnya fenomena puncak COVID-19 sebesar 40 hingga 60 persen, dan memperlambat merebaknya epidemi, menurut penelitian tersebut. (Xinhua/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home