Loading...
SAINS
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:07 WIB | Selasa, 10 Mei 2016

Pemprov DKI: Kehadiran UN SMP Hari Pertama 99 Persen

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berfoto bersama para siswa kelas XII di SMP Negeri 49, Jalan Raya Bogor KM 20, Kramat Jati, Jakarta Timur, hari Selasa (10/5). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Sopan Andrianto menyatakan kehadiran siswa pada hari pertama penyelenggaraan ujian nasional di DKI Jakarta mencapai 99,53 persen dari total peserta UN mencapai 143.118 siswa.

“Alhamdulillah kehadiran hari pertama itu 99,53 persen. Jadi kehadiran cukup baik dan tidak ada laporan yang bermasalah. Jadi seluruhnya berjalan dengan lancar baik naskah soal maupun listrik dan segala macam. Alhamdulillah enggak ada kendala,” kata dia usai mengunjungi SMP Negeri 49 di Jalan Raya Bogor KM 20, Kramat Jati, Jakarta Timur, hari Selasa (10/5).

Sopan melanjutkan, 0,47 persen siswa tidak hadir pada penyelenggaraan UN hari pertama dengan total 676. Di antaranya adalah 316 siswa dengan alasan sakit, 212 siswa dengan alasan izin dan 147 siswa dengan alasan alpa.

Untuk siswa yang tidak masuk pada penyelenggaraan UN, pihak Dinas Pendidikan akan memberikan ujian susulan pada hari Senin (16/5) mendatang. Menurutnya, ujian nasional tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah tetap memberikan kemudahan bagi siswa yang tidak bisa mengikuti ujian seperti yang telah dijadwalkan.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menargetkan pada tahun 2016 ini kelulusan ujian nasional tingkat SMP bisa mencapai 100 persen dan berharap nilainya bisa lebih baik dari tahun lalu. Namun, dia tidak memaksakan target tersebut, yang penting adalah kualitas dari siswa tersebut.

"Target kelulusan SMP 100 persen secara kuantitas dan kualitas serta integritas. Jangan semua dipaksa buru-buru 100 persen. Itu malah nggak bagus," kata Djarot.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home