Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 07:59 WIB | Kamis, 29 Oktober 2015

Pemprov DKI Luncurkan Aplikasi Transportasi Hasil Kolaborasi

Fitur Go-Busway sudah tersedia untuk digunakan pada perangkat Android / Go-Jek. (Foto; dailysocial.net)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Rabu (28/10), meluncurkan tiga aplikasi transportasi hasil kolaborasi Badan Usaha Milik Daerah PT Transjakarta dengan tiga perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi.

Ketiga perusahaan itu antara lain, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Gojek Indonesia, dan PT Terralogiq melalui aplikasi QLUE (aplikasi untuk layanan pengaduan warga Jakarta).

Bersama Transjakarta, Telkom melakukan pengadaan infrastruktur, jaringan dan alat On Board Unit (OBU), yang akan membuat mobilitas dan pelayanan seluruh armada bus Transjakarta dapat dipantau secara rinci melalui Operation Control Center (OCC), di kantor pusat Transjakarta.

Kemudian berkolaborasi dengan Transjakarta, Gojek Indonesia menyediakan fitur Go-Busway didalam aplikasi Go-Jek, yang mengintegrasikan layanan Transjakarta dengan mitra driver Gojek Indonesia untuk memberikan kemudahan bagi semua pengguna jasa Transjakarta.

Sedangkan bersama Transjakarta, Terralogiq meluncurkan aplikasi informasi transportasi baru bernama QLUE Transit,  untuk mengintegrasikan layanan Transjakarta dengan platform Jakarta SmartCity.

"Ini adalah bentuk kerjasama yang baik. Dengan adanya fitur dan aplikasi itu, warga Jakarta akan semakin mudah dalam mengakses bus Transjakarta. Kita bisa membuat orang Jakarta lebih nyaman dan aman dalam bertransportasi," kata Basuki saat peluncuran seluruh aplikasi itu di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta ANS Kosasih, menuturkan melalui integrasi sistem dan data dengan platform Jakarta SmartCity, maka seluruh masyarakat dapat terus memantau dan mengawasi pelayanan Transjakarta.

"Seluruh informasi yang disediakan melalui fitur dan aplikasi tersebut, akan memungkinkan kami (Transjakarta) untuk mengendalikan kebutuhan pelayanan kami secara rinci dan menyeluruh," kata Kosasih.

Untuk tahap awal, baik fitur Go-Busway maupun Qlue Transit, baru tersedia dalam versi beta di platform Android dengan live tracking dari koridor 1, 2, 6, 8, 9, 10, 11, dan 12.

Akan tetapi, dalam beberapa minggu kedepan, fitur-fitur tersebut akan dapat segera diunduh di Apple Store. Sehingga, nantinya seluruh bus dan halte di semua koridor Transjakarta dapat diintegrasikan. (Ant)

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home