Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 13:16 WIB | Jumat, 05 Januari 2018

Pemprov Papua Minta Segera Data Orang Asli Bumi Cenderawasih

Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal (Foto: kabarpapua.co).

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM - Gubernur Papua Lukas Enembe meminta Bupati-Wakil Bupati Dogiyai dan Yalimo untuk segera melakukan pendataan keberadaan Orang Asli Bumi Cenderawasih (OAP) di wilayahnya masing-masing.

"Hal ini yang harus dilakukan pemerintah daerah yang pimpinannya belum lama ini dilantik," kata Lukas di Jayapura, hari Kamis (4/1).

Menurut dia, kebijakan pembagian Dana Otonomi Khusus (Otsus) sebesar 80 persen ke kabupaten dan kota tetap dilanjutkan dengan pertimbangan bahwa seluruh masyarakat asli Papua berada di kabupaten/kota, distrik serta kampung-kampung.

"Ke depan kami akan membentuk tim gabungan untuk melakukan evaluasi penggunaan dana Otsus tersebut sehingga data OAP ini juga diperlukan," ujarnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua juga mendorong penyajian data OAP dimasukan dalam aplikasi statistik milik Badan Pusat Statistik (BPS) setempat.

Senada dengan Lukas Enembe, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen, mengatakan dengan disajikannya data OAP di dalam aplikasi statistik tersebut maka masyarakat dapat mengetahui kebijakan apa saja yang dilakukan pemerintah guna mengawal Otsus pada wilayahnya.

"Yang terpenting masyarakat memiliki telepon pintar berbasis android sehingga dapat mengaksesnya dengan mudah di mana saja dan kapan saja," katanya.

Hery menambahkan hal ini merupakan salah satu langkah maju yang luar biasa sehingga semua kalangan masyarakat baik itu akademisi, pengusaha dan lain sebagainya memiliki kesempatan sama. (Antara)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home