Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 14:24 WIB | Kamis, 01 Desember 2016

Pemuda Papua Gelar Aksi Hari Kemerdekaan Papua

Pemuda Papua Gelar Aksi Hari Kemerdekaan Papua
Ratusan pemuda pemudi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua menggelar aksi damai peringati hari kemerdekaan Papua di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat hari Kamis (1/12). Aksi peringatan 1 Desember rakyat Papua juga berlangsung serentak di beberapa kota di antaranya, Yogyakarta, Makassar, Palu, Jayapura, Sorong, dan beberapa kota lainnya di Papua (FOTO: Dedy Istanto)
Pemuda Papua Gelar Aksi Hari Kemerdekaan Papua
Seorang petugas polisi berjaga-jaga di lokasi aksi disaat ratusan pemuda dan pemudi Papua menggelar aksi damai peringatan 1 Desember di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.
Pemuda Papua Gelar Aksi Hari Kemerdekaan Papua
Para peserta aksi menuju ke kendaraan truk aparat polisi untuk dibawa ke Polda Metro Jaya lantaran menuntut lima temannya yang ditahan oleh polisi saat aksi berlangsung.
Pemuda Papua Gelar Aksi Hari Kemerdekaan Papua
Ratusan pemuda dan pemudi Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua saat akan masuk ke dalam kendaraan truk aparat untuk diamankan usai menggelar aksi damai di sekitar kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.
Pemuda Papua Gelar Aksi Hari Kemerdekaan Papua
Para pemuda Papua yang dibawa oleh aparat polisi menggunakan truk usai menggelar aksi damai dalam peringatan 1 Desember di sekitar Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.
Pemuda Papua Gelar Aksi Hari Kemerdekaan Papua
Seorang wanita berteriak di hadapan rekan-rekannya saat akan dibawa oleh aparat polisi menggunakan kendaraan truk usai menggelar aksi damai peringatan 1 Desember di sekitar kawasan bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ratusan pemuda dari Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-West Papua) menggelar aksi damai memperingati Hari Kemerdekaan Papua di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat hari Kamis (1/12). Mereka menuntut Pemerintah melaksanakan referendum Papua, karena dirasa masih terjadi penjajahan di Tanah Papua.

Tanggal 1 Desember dikenal sebagai Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM), dan dianggap sebagai hari kemerdekaan Papua. 

Mereka juga meminta aparat membebaskan rekan-rekannya yang ditahan, menurut informasi berjumlah lima orang. Aksi dilanjutkan dengan orasi di tengah jalan dengan pengamanan ketat dari aparat.

“Kami meminta kepada aparat untuk membebaskan teman-teman kami yang sekarang ditahan,” kata salah satu peserta aksi dalam orasinya.

Sempat terjadi kericuhan dipicu pengambilan atribut para peserta aksi yang dilakukan oleh aparat, sampai akhirnya dibubarkan dengan menyemprotkan air menggunakan water canon.

Aksi solidaritas ini merupakan aksi pertama kalinya digelar oleh sejumlah elemen dalam FRI-West Papua yang baru dideklarasikan pada 29 November 2016 lalu. Mereka menggelar aksi serentak di beberapa kota di antaranya, Yogyakarta, Makassar, Palu, Poso, Ternate, Jayapura, Sorong, Wamena, Timika, Manokwari, dan Merauke.

Aksi akhirnya dibubarkan aparat dengan membawa seluruh peserta menggunakan kendaraan truk aparat polisi. Menurut informasi mereka akan dibawa ke Polda Metro Jaya. 

Editor: Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home