Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:37 WIB | Sabtu, 26 Juli 2014

Pemudik dari Merak Padati Pelabuhan Bakauheni

Antrian para penumpang mudik mulai memadati Stasiun Kereta Api Senen menjelang minus tiga hari lebaran. Hal tersebut terlihat pada Kamis (24/7) sore sejumlah penumpang sudah mulai berdatangan untuk merayakan lebara di kampung halaman. (Foto: Dedy Istanto).

BAKAUHENI, SATUHARAPAN.COM ‒ Kedatangan pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan dari Merak Banten menuju Sumatera terus mengalir pada dua hari sebelum (H-2) Lebaran 2014 ini.

Kondisi di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (26/7), menunjukkan pemudik dari Jawa ke Sumatera memadati Pelabuhan Bakauheni, baik penumpang pejalan kaki, menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kedatangan pemudik pejalan kaki mengalir deras sejak Jumat (25/7) hingga Sabtu dini hari, sedangkan sepeda motor dan mobil juga terus berdatangan.

Ribuan kendaraan roda empat yang tiba di enam dermaga Pelabuhan Bakauheni, yakni Dermaga Plengsengan, Dermaga I, II, III, IV, dan V terlihat keluar dari lambung kapal, dan terjadi antrean panjang untuk keluar dari pelabuhan menuju sejumlah daerah di Sumatera.

Namun, kondisi sebaliknya terjadi pada pemudik dari Sumatera tujuan Pulau Jawa yang belum terjadi lonjakan, baik penumpang pejalan kaki, bersepeda motor, maupun pengguna mobil.

Loket pejalan kaki di Pelabuhan Bakauheni penumpang berdatangan namun tidak terjadi antrean panjang, bahkan terkadang loket penumpang itu masih kosong.

Sedangkan kendaraan hanya antre di beberapa dermaga saja, karena menunggu diseberangkan berlayar di Selat Sunda ke Merak Banten, sehingga areal parkir dermaga banyak yang kosong kendaraan.

Data PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, jumlah penumpang yang berangkat dari Sumatera menuju Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni mencapai 20.579 orang, terdiri atas penumpang pejalan kaki 2.061 orang dan 18.518 penumpang menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, dan bus.

Selanjutnya, kendaraan roda dua sebanyak 686 unit, 2.442 unit roda empat, 194 bus, dan 251 truk, sehingga total kendaraan yang menyeberang mencapai 2.887 unit.

Jumlah kapal feri yang beroperasi sebanyak 28 buah dengan 53 trip pelayaran Bakauheni-Merak.(Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home