Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:43 WIB | Senin, 13 Maret 2023

Pemulihan Hubungan Iran dan Arab Saudi Pukulan Diplomasi bagi Israel

Wang Yi, diplomat paling senior China, tengah, memimpin pertemuan tertutup antara Iran, dipimpin oleh Ali Shamkhani, sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, di sebelah kanan, dan Arab Saudi, dipimpin oleh Penasihat keamanan nasional Saudi Musaad bin Mohammed al-Aiban, kiri, di Beijing, Sabtu, 11 Maret 2023. Iran dan Arab Saudi pada Jumat sepakat untuk membangun kembali hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan setelah tujuh tahun ketegangan. Terobosan diplomatik besar yang dinegosiasikan dengan China menurunkan kemungkinan konflik bersenjata antara saingan Timur Tengah, baik secara langsung maupun dalam konflik proksi di sekitar wilayah tersebut. (Foto: dok. Luo Xiaoguang/Xinhua via AP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Berita tentang pemulihan hubungan antara rival regional lama Arab Saudi dan Iran mengirimkan gelombang kejutan di Timur Tengah pada hari Sabtu (11/3) dan memberikan pukulan simbolis kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Ini telah membuat ancaman yang ditimbulkan oleh Teheran menjadi prioritas diplomasi dan perang salib pribadinya.

Terobosan tersebut, puncak dari lebih dari satu tahun negosiasi di Baghdad dan pembicaraan baru-baru ini di China, juga terjerat dalam politik internal Israel, yang mencerminkan perpecahan negara pada saat kekacauan nasional.

Perjanjian tersebut, yang memberi Iran dan Arab Saudi waktu dua bulan untuk membuka kembali kedutaan masing-masing dan membangun kembali hubungan setelah tujuh tahun putus, secara lebih luas merupakan salah satu perubahan paling mencolok dalam diplomasi Timur Tengah selama beberapa tahun terakhir.

Di negara-negara seperti Yaman dan Suriah, yang telah lama berada di antara kerajaan Sunni dan pusat kekuatan Syiah, pengumuman tersebut membangkitkan optimisme yang disampaikan dengan hati-hati.

Di Israel, hal itu menyebabkan kekecewaan, bersamaan dengan saling tuduh.

Salah satu kemenangan kebijakan luar negeri terbesar Netanyahu tetap menjadi kesepakatan normalisasi Israel yang ditengahi Amerika Serikat pada tahun 2020 dengan empat negara Arab, termasuk Bahrain dan Uni Emirat Arab. Mereka adalah bagian dari dorongan yang lebih luas untuk mengisolasi dan menentang Iran di wilayah tersebut.

Dia telah menggambarkan dirinya sebagai satu-satunya politisi yang mampu melindungi Israel dari percepatan program nuklir Teheran dan proksi regional, seperti Hizbullah di Lebanon dan Hamas di Jalur Gaza. Israel dan Iran juga telah mengobarkan perang bayangan regional yang menyebabkan dugaan serangan pesawat tak berawak Iran terhadap kapal-kapal terkait Israel yang mengangkut barang di Teluk Persia, di antara serangan lainnya.

Kesepakatan normalisasi dengan Arab Saudi, negara Arab yang paling kuat dan kaya, akan terkait tujuan berharga Netanyahu, membentuk kembali wilayah tersebut dan meningkatkan posisi Israel dengan cara yang bersejarah. Bahkan ketika hubungan pintu belakang antara Israel dan Arab Saudi telah tumbuh, kerajaan itu mengatakan tidak akan secara resmi mengakui Israel sebelum resolusi konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung selama puluhan tahun.

Sejak kembali menjabat akhir tahun lalu, Netanyahu dan sekutunya telah mengisyaratkan bahwa kesepakatan dengan Arab Saudi akan semakin dekat. Dalam pidatonya kepada para pemimpin Yahudi Amerika bulan lalu, Netanyahu menggambarkan perjanjian damai sebagai "tujuan yang sedang kami kerjakan secara paralel dengan tujuan menghentikan Iran."

Tetapi para ahli mengatakan kesepakatan Saudi-Iran yang diumumkan Jumat (10/3) telah mendinginkan ambisi tersebut. Keputusan Arab Saudi untuk terlibat dengan saingan regionalnya telah membuat Israel sendirian, karena memimpin tuduhan isolasi diplomatik Iran dan ancaman serangan militer sepihak terhadap fasilitas nuklir Iran. UEA juga melanjutkan hubungan formal dengan Iran tahun lalu.

“Ini merupakan pukulan terhadap gagasan dan upaya Israel dalam beberapa tahun terakhir untuk mencoba membentuk blok anti-Iran di kawasan itu,” kata Yoel Guzansky, pakar Teluk Persia di Institute for National Security Studies, sebuah think tank Israel. “Jika Anda melihat Timur Tengah sebagai permainan zero-sum, yang dilakukan Israel dan Iran, kemenangan diplomatik untuk Iran adalah berita yang sangat buruk bagi Israel.”

Bahkan Danny Danon, sekutu Netanyahu dan mantan duta besar Israel untuk PBB yang baru-baru ini meramalkan perjanjian damai dengan Arab Saudi pada tahun 2023, tampak bingung. “Ini tidak mendukung upaya kami,” katanya, ketika ditanya tentang apakah pemulihan hubungan itu merusak peluang pengakuan Arab Saudi atas Israel.

Respons Yaman dan Suriah

Di Yaman, di mana persaingan antara Arab Saudi dan Iran memainkan konsekuensi yang paling merusak, kedua pihak yang bertikai berhati-hati, tetapi penuh harapan.

Koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi ikut campur dalam konflik Yaman pada 2015, beberapa bulan setelah milisi Houthi yang didukung Iran merebut ibu kota Sanaa pada 2014, memaksa pemerintah yang diakui secara internasional lari ke pengasingan di Arab Saudi.

Pemberontak Houthi menyambut baik kesepakatan itu sebagai langkah sederhana namun positif. “Kawasan ini membutuhkan kembalinya hubungan normal antara negara-negaranya, di mana masyarakat Islam dapat memperoleh kembali keamanan yang hilang dari intervensi asing,” kata juru bicara Houthi dan kepala negosiator, Mohamed Abdulsalam.

Pemerintah Yaman yang didukung Arab Saudi mengungkapkan beberapa optimism, dan peringatan. “Posisi pemerintah Yaman bergantung pada tindakan dan praktik, bukan kata-kata dan klaim,” katanya, seraya menambahkan akan melanjutkan dengan hati-hati “sampai mengamati perubahan nyata dalam perilaku (Iran).”

Analis tidak memperkirakan penyelesaian segera atas konflik tersebut, tetapi mengatakan pembicaraan langsung dan hubungan yang lebih baik dapat menciptakan momentum untuk kesepakatan terpisah yang mungkin menawarkan kedua negara jalan keluar dari perang yang menghancurkan.

“Bola sekarang ada di pihak pihak yang bertikai di dalam negeri Yaman untuk memprioritaskan kepentingan nasional Yaman dalam mencapai kesepakatan damai dan terinspirasi oleh langkah positif awal ini,” kata Afrah Nasser, seorang non-residen di Arab Center yang berbasis di Washington.

Anna Jacobs, analis Teluk senior di International Crisis Group, mengatakan dia yakin kesepakatan itu terkait dengan penurunan eskalasi di Yaman. “Sulit membayangkan kesepakatan Saudi-Iran untuk melanjutkan hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan dalam waktu dua bulan tanpa jaminan dari Iran untuk lebih serius mendukung upaya penyelesaian konflik di Yaman,” katanya.

Suriah yang dilanda perang juga menyambut baik kesepakatan itu sebagai langkah untuk meredakan ketegangan yang telah memperburuk konflik negara itu. Iran telah menjadi pendukung utama pemerintahan Presiden Suriah Bashar Assad, sementara Arab Saudi telah mendukung pejuang oposisi yang mencoba menggulingkannya dari kekuasaan.

Kementerian Luar Negeri Suriah menyebutnya sebagai “langkah penting yang akan mengarah pada penguatan keamanan dan stabilitas di kawasan.”

Perpecahan Politik di Israel

Di Israel, yang terpecah belah dan dicengkeram oleh protes massa atas rencana pemerintah sayap kanan Netanyahu untuk merombak peradilan, para politisi memanfaatkan pemulihan hubungan antara kerajaan dan musuh bebuyutan Israel sebagai kesempatan untuk mengkritik Netanyahu, menuduhnya fokus pada agenda pribadinya, mengorbankan hubungan internasional Israel.

Yair Lapid, mantan perdana menteri dan kepala oposisi Israel, mengecam perjanjian antara Riyadh dan Teheran sebagai "kegagalan penuh dan berbahaya dari kebijakan luar negeri pemerintah Israel."

“Inilah yang terjadi ketika Anda berurusan dengan kegilaan hukum sepanjang hari, alih-alih melakukan pekerjaan dengan Iran dan memperkuat hubungan dengan AS,” tulisnya di Twitter. Bahkan Yuli Edelstein dari partai Likud Netanyahu menyalahkan “perebutan kekuasaan dan saling serang” Israel karena mengalihkan perhatian negara dari ancamannya yang lebih mendesak.

Anggota parlemen oposisi lainnya, Gideon Saar, mengejek tujuan Netanyahu menjalin hubungan formal dengan Arab Saudi. “Netanyahu menjanjikan perdamaian dengan Arab Saudi,” tulisnya di media sosial. "Pada akhirnya (Arab Saudi) melakukannya ... dengan Iran."

Netanyahu, dalam kunjungan resmi ke Italia, menolak permintaan komentar dan tidak mengeluarkan pernyataan tentang masalah tersebut. Tetapi kutipan ke media Israel oleh seorang pejabat senior anonim dalam delegasi tersebut berusaha untuk menyalahkan pemerintah sebelumnya yang memerintah selama satu setengah tahun sebelum Netanyahu kembali menjabat. “Itu terjadi karena kesan bahwa Israel dan AS lemah,” kata pejabat senior tersebut, menurut harian Haaretz, yang mengisyaratkan bahwa Netanyahu adalah pejabat tersebut.

Terlepas dari kejatuhan reputasi Netanyahu, para ahli meragukan detente akan merugikan Israel. Arab Saudi dan Iran akan tetap menjadi rival regional, bahkan jika mereka membuka kedutaan di ibu kota masing-masing, kata Guzansky. Dan seperti UEA, Arab Saudi dapat memperdalam hubungan dengan Israel bahkan sambil mempertahankan hubungan transaksional dengan Iran.

“Pengaturan sederhana yang dimiliki Arab Saudi dengan Israel akan berlanjut,” kata Umar Karim, pakar politik Saudi di Universitas Birmingham, mencatat bahwa pendudukan Israel di Tepi Barat tetap menjadi penghalang pengakuan Arab Saudi daripada perbedaan atas Iran. “Kepemimpinan Arab Saudi terlibat dalam lebih dari satu cara untuk mengamankan keamanan nasionalnya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home