Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:38 WIB | Kamis, 11 Mei 2023

Penangkapan Mantan PM Imran Khan Memicu Kerusuhan di Pakistan

Aktivis partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) dan pendukung mantan Perdana Menteri Pakistan Imran bentrok dengan polisi selama protes di luar markas polisi tempat Khan ditahan, di Islamabad pada 10 Mei 2023. (Foto: AFP)

ISLAMABAD , SATUHARAPAN.COM-Mantan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, ditangkap dan diseret dari pengadilan Selasa ketika ia tampaknya menghadapi dakwaan dalam berbagai kasus korupsi, peningkatan ketegangan politik yang dramatis yang memicu demonstrasi kekerasan oleh para pendukungnya yang marah di seluruh negeri.

Penangkapan Khan, yang digulingkan dalam mosi tidak percaya pada April 2022 tetapi tetap menjadi tokoh oposisi terkemuka, mewakili konfrontasi terbaru yang mengguncang Pakistan, yang telah membuat mantan perdana menteri ditangkap selama bertahun-tahun dan intervensi oleh militernya yang kuat.

Setidaknya satu orang dilaporkan tewas dalam bentrokan antara pengunjuk rasa dan militer di Quetta, ibu kota Provinsi Baluchistan, dengan lima orang lainnya terluka di sana, sementara sekitar 15 orang cedera dilaporkan di tengah kekerasan serupa di Karachi, Peshawar, Rawalpindi dan Lahore. Polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan demonstrasi.

Di tengah kekerasan, pejabat otoritas telekomunikasi Pakistan mengatakan regulator memblokir media sosial, termasuk Twitter, dan layanan internet ditangguhkan di ibu kota Islamabad dan kota-kota lain. Kelas di beberapa sekolah swasta dibatalkan pada hari Rabu (10/5).

Khan ditangkap di Pengadilan Tinggi Islamabad oleh agen keamanan dari Biro Akuntabilitas Nasional, kata Fawad Chaudhry, seorang pejabat senior dari partai Pakistan Tehreek-e-Insaf, dan kemudian dimasukkan ke dalam mobil lapis baja dan dibawa pergi.

Chaudhry mengecam penangkapan mantan bintang kriket berusia 71 tahun itu sebagai "penculikan". Video siaran GEO TV independen Pakistan tentang Khan diseret pergi.

Perkelahian terjadi antara pendukung Khan dan polisi di luar pengadilan. Beberapa pengacara dan pendukung Khan terluka dalam huru-hara itu, begitu pula beberapa polisi, kata Chaudhry.

Khan dibawa ke kota garnisun Rawalpindi, dekat Islamabad, untuk diinterogasi di kantor Biro Akuntabilitas Nasional, menurut polisi dan pejabat pemerintah. Dia juga harus menjalani pemeriksaan medis rutin, kata polisi.

Khan telah tiba di Pengadilan Tinggi Islamabad dari dekat Lahore, tempat tinggalnya, untuk menghadapi dakwaan dalam kasus korupsi.

Dia mengecam kasus-kasus yang menimpanya, termasuk tuduhan terorisme, sebagai plot bermotivasi politik oleh penggantinya, Perdana Menteri Shahbaz Sharif, dengan mengatakan pemecatannya ilegal dan merupakan konspirasi Barat. Khan telah berkampanye melawan Sharif dan menuntut pemilihan dini.

Penangkapan hari Selasa didasarkan pada surat perintah baru dari Biro Akuntabilitas Nasional yang diperoleh pekan lalu dalam kasus korupsi terpisah di mana Khan belum diberikan jaminan. Pengacaranya menantang legalitas penangkapan, tetapi pengadilan mendukungnya, meskipun menambahkan bahwa Khan seharusnya tidak dikeluarkan secara paksa dari ruang sidang. Khan dijadwalkan muncul di pengadilan anti korupsi pada hari Rabu, kata para pejabat.

"Imran Khan ditangkap karena dia dicari dalam kasus korupsi," kata Menteri Dalam Negeri, Rana Sanaullah Khan, pada konferensi pers. Dia menuduh perbendaharaan Pakistan telah kehilangan jutaan dolar saat Khan menjabat karena pembelian tanah secara ilegal dari seorang taipan bisnis.

Biro Akuntabilitas Nasional adalah organisasi anti-korupsi kuat Pakistan yang telah menahan dan menyelidiki mantan pejabat, termasuk perdana menteri, politisi, dan pensiunan perwira militer. Namun ada yang memandang NAB sebagai alat yang digunakan oleh mereka yang berkuasa, terutama militer, untuk menindak lawan politik. Ketika Khan berkuasa, pemerintahnya menangkap Sharif, yang saat itu menjadi pemimpin oposisi, melalui NAB.

Pada konferensi pers, Menteri Hukum, Azam Tarar, mengatakan Khan ditangkap karena dia tidak mau bekerja sama dalam penyelidikan. Dia juga mengecam kekerasan yang dilakukan pendukung Khan, dengan mengatakan bahwa protes harus tetap damai.

"Seharusnya itu tidak terjadi," katanya, tak lama setelah video TV muncul tentang kendaraan yang terbakar dan properti publik yang rusak di beberapa bagian negara.

Pihak berwenang mengatakan mereka telah melarang aksi unjuk rasa di provinsi timur Punjab.

Saat berita penangkapan itu menyebar, sekitar 4.000 pendukung Khan menyerbu kediaman resmi komandan regional tertinggi di Lahore, menghancurkan jendela dan pintu, merusak furnitur, dan melakukan aksi duduk saat pasukan di sana mundur untuk menghindari kekerasan. Para pengunjuk rasa juga membakar kendaraan polisi dan memblokir jalan-jalan utama.

Para pengunjuk rasa juga menghancurkan gerbang utama markas tentara di kota garnisun Rawalpindi, tempat pasukan menahan diri. Ratusan pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan pro-Khan saat mereka bergerak menuju gedung yang luas itu.

Di kota pelabuhan Karachi, polisi mengayunkan pentungan dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan ratusan pendukung Khan yang berkumpul di jalan utama. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home