Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:35 WIB | Rabu, 29 Agustus 2018

Pencipta Chibi Maruko-chan Meninggal Dunia

Ilustrasi. Karya Momoko Sakura yang dikenang. Seniman manga Jepang, pencipta karakter serial Chibi Maruko-chan itu meninggal dunia pada 15 Agustus pada usia 53 tahun setelah sakit kanker payudara. (Foto: animenewsnetwork.com)

JEPANG, SATUHARAPAN.COM – Momoko Sakura, seniman manga Jepang pencipta karakter Chibi Maruko-chan, meninggal dunia pada 15 Agustus, pada usia 53 tahun, setelah sakit kanker payudara.

Momoko Sakura dari Provinsi Shizuoka memulai karier sebagai seniman manga pada tahun 1984. Pada tahun 1986 ia mulai menggambar serial Chibi Maruko-chan, terinspirasi dari masa kecilnya sendiri, dalam edisi Agustus 1986 dari majalah manga bulanan, Ribbon.

Pada tahun 1990, sebuah TV swasta mulai menyiarkan versi animasi dari serial tersebut. Hampir 30 tahun program tersebut masih mengudara dan menjadi salah satu serial TV populer di Jepang dan telah ditayangkan di lebih dari 60 negara dan wilayah, termasuk Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura, Indonesia, India, Meksiko, Venezuela, dan Cile. 

Lagu tema pertama dari seri, "Odoru Ponpokorin," juga menjadi hit, terjual lebih dari 1,73 juta kopi pada tahun 1990.

“Saya merasa sangat sedih tentang kematiannya, yang datang terlalu dini. Namun senyuman cerah Maru-chan dan teman-temannya akan terus bersinar di benak pembaca mulai dari anak-anak hingga orang dewasa,” tulis Soichi Aida, pemimpin editor Pita, dalam sebuah pernyataan yang dipasang di situs web majalah tersebut.

"Terima kasih banyak untuk Ibu Momoko Sakura," tulisnya.

Posting blog terakhirnya adalah tanggal 2 Juli. Ini tentang kemajuan tim sepak bola nasional Jepang ke babak sistem gugur Piala Dunia FIFA di Rusia.

“Saya ingin tahu apakah mereka beruntung maju ke fase gugur turnamen itu. Pokoknya saya ingin mereka bertahan keras dalam pertandingan melawan tim Belgia,” tulisnya.

Menurut laporan media lokal, tim produksi untuk seri hit telah menyatakan niat mereka untuk melanjutkan seri. (nhk.or.jp/japantimes.co.jp)

 

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home