Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:39 WIB | Jumat, 27 November 2020

Peneliti: Bagaimana Dinosaurus Tumbuh Mencapai Ukuran Raksasa

Ahli geologi, Bill Simpson, menggunakan kemoceng untuk membersihkan fosil Tyrannosaurus rex yang dikenal sebagai "Sue" di Field Museum di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, pada 11 Juni 2015. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM-Bagaimana dinosaurus pemakan daging mencapai tertumbuhan hingga berukuran raksasa? Mereka mencapai ukuran raksasa itu melalui strategi pertumbuhan yang sangat berbeda. Beberapa mengambil jalur yang lambat dan mantap, dan yang lain mengalami lonjakan pertumbuhan di usia remaja, menurut para ilmuwan yang menganalisis irisan tulang yang membatu (fosil) mereka.

Para peneliti memeriksa cincin pertumbuhan tahunan, mirip dengan yang ada di batang pohon, pada tulang dari 11 spesies theropoda, kelompok luas yang mencakup semua dinosaurus karnivora besar, termasuk Tyrannosaurus rex dan bahkan burung.

Studi ini memberikan wawasan tentang kehidupan beberapa predator paling menakutkan yang pernah berjalan di muka Bumi.

Tim tersebut melihat sampel dari museum di Amerika Serikat, Kanada, China, dan Argentina. Tim bahkan menerima izin untuk memotong tulang dari salah satu fosil T. rex paling terkenal di dunia, yang dikenal sebagai Sue dan disimpan di Field Museum di Chicago, menggunakan gergaji dan bor berujung berlian.

Tulang kaki Sue, tulang paha dan fibula yang besar, membantu menggambarkan bahwa T. rex dan kerabatnya, yang dikenal sebagai tyrannosaurus, mengalami periode pertumbuhan ekstrem selama masa remaja dan mencapai ukuran dewasa penuh pada sekitar usia 20 tahun. Sue, berukuran sekitar 42 kaki (13 meter), hidup selama sekitar 33 tahun.

Sue mendiami South Dakota sekitar satu juta tahun sebelum dinosaurus, dan banyak spesies lainnya musnah oleh tabrakan asteroid 66 juta tahun yang lalu.

Tumbuh Stabil

Kelompok theropoda besar lainnya cenderung memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih stabil dalam periode waktu yang lebih lama. Strategi pertumbuhan itu terdeteksi dalam garis keturunan yang muncul di seluruh dunia pada awal era dinosaurus dan kemudian terkonsentrasi di benua selatan.

Contohnya termasuk Allosaurus dan Acrocanthosaurus dari Amerika Utara, Cryolophosaurus dari Antartika dan spesies yang baru-baru ini ditemukan yang belum disebutkan namanya dari Argentina yang menyaingi ukuran T. rex. Dinosaurus Argentina, dari kelompok yang disebut carcharodontosaurus, belum mencapai ukuran dewasa penuh hingga usia 40-an dan hidup hingga usia 50 tahun.

Theropoda besar memiliki desain tubuh umum yang sama, berjalan dengan dua kaki dan memiliki tengkorak besar, rahang yang kuat, dan gigi tajam.

"Sebelum penelitian kami, diketahui bahwa T. rex tumbuh sangat cepat, tetapi tidak jelas apakah semua dinosaurus theropoda mencapai ukuran raksasa dengan cara yang sama, atau ada banyak cara untuk melakukannya," kata ahli paleontologi dan pemimpin penelitian penulis Tom Cullen dari Museum Ilmu Pengetahuan Alam Carolina Utara, dan Universitas Negeri Carolina Utara, juga berafiliasi dengan Museum Lapangan.

Penelitian tersebut dipublikasikan pekan ini di jurnal Proceedings of the Royal Society B.

“Dinosaurus Theropoda mewakili hewan bipedal terbesar yang pernah hidup dan juga merupakan predator dominan di ekosistem darat selama lebih dari 150 juta tahun, lebih dari dua kali lebih lama dari mamalia dominan,” tambah paleontolog Universitas Minnesota dan rekan penulis studi, Peter Makovicky. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home