Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 14:25 WIB | Selasa, 29 November 2016

Penelitian: Tidak Ada Kaitan antara Flu dan Risiko Autisme

Ilustrasi. (Foto: Daily Mail)

MIAMI, SATUHARAPAN.COM - Peneliti menemukan tidak ada kaitan antara influenza pada ibu hamil dan risiko anak mengalami autisme setelah lahir, menurut penelitian di Amerika Serikat (AS), Senin (28/11).

Sejumlah penelitian terdahulu menunjukkan infeksi yang dialami sang ibu kemungkinan menjadi penyebab gangguan perkembangan saraf meski penelitian lain menemukan tidak ada kaitan semacam itu.

Temuan tersebut dimuat di Journal of the American Medical Association (JAMA) Pediatrics berdasarkan penelitian terhadap lebih dari 196.000 anak yang lahir di California sejak 2000 hingga 2010.

Lebih dari 3.100 anak di antaranya menderita autisme, yang diduga terkait genetik dan lingkungan, tetapi penyebabnya masih belum dapat dipastikan.

Penelitian tersebut, yang diketuai oleh Ousseny Zerbo dari Kaiser Permanente Northern California, menemukan tidak ada kaitan antara peningkatan risiko autisme dan infeksi influenza saat hamil.

Penelitian tersebut juga tidak menemukan adanya kaitan antara autisme dan vaksin flu saat trimester kedua dan ketiga kehamilan.(AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home