Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 09:47 WIB | Sabtu, 23 Juli 2016

Penembakan Munich, 9 Tewas, Pelaku 3, Salah Satu Bunuh Diri

Polisi berjaga setelah insiden penembakan di Munich, Jerman. (Foto:Getty)

MUNICH, SATUHARAPAN.COM – Polisi Jerman terlibat dalam perburuan anti-teror besar di Kota Munich setelah sembilan orang tewas dalam penembakan di sebuah pusat perbelanjaan.

Polisi sedang menyelidiki apakah salah satu mayat adalah pelaku. Setidaknya 10 orang telah terluka dalam insiden pada Jumat (22/7) malam itu.

Sebelumnya dilaporkan ada tiga penyerang bersenjata di jalanan. Polisi mendesak masyarakat untuk menghindari tempat-tempat umum.

Layanan transportasi umum ditutup selama beberapa jam setelah serangan di pusat perbelanjaan di Olympia di barat laut distrik Moosach.

Helikopter polisi terbang di atas kota dan unit keamanan elit perbatasan, GSG9, telah diterbangkan.

Mayat penyerang diduga ditemukan sekitar 1 km dari pusat perbelanjaan, media lokal melaporkan, dan polisi menggunakan robot untuk memeriksa apakah ada bahan peledak di tubuhnya.

Majalah berita Jerman Focus melaporkan bahwa seorang pria bersenjata telah menembak dirinya sendiri di kepala, tapi polisi belum berkomentar.

Orang-orang keluar dari pusat perbelanjaan dengan mengangkat tangan. (Foto: AP)

Sebuah mobil yang diduga terkait dengan serangan itu dibawa pergi oleh polisi, majalah itu menambahkan.

Stasiun kereta api di pusat kota segera diamankan seiring otoritas menghentikan semua transportasi umum. Sistem ini dibuka kembali beberapa jam kemudian.

Ribuan orang terjebak dalam situasi darurat dan tidak bisa mencapai rumah. Mereka ditampung oleh warga setempat. Inisiatif ini diluncurkan dengan Twitter hashtag #Offenetür (pintu terbuka).

Polisi, yang menggambarkan operasi sebagai “situasi teror akut”, mengatakan laporan pertama dari penembakan di Jalan Hanauer sekitar pukul 18:00 waktu setempat (Sabtu pukul 01.00 WIB).

Kepala Staf dari Kanselir Angela Merkel, Peter Altmaier, kepada televisi nasional mengatakan motif serangan itu masih belum jelas.

“Kami tidak bisa mengesampingkan bahwa hal ini terkait dengan terorisme, namun kami tidak dapat memastikan hal itu. Kami juga menyelidiki ke arah ini,” katanya.

Pertemuan kabinet keamanan pemerintah akan diadakan pada hari Sabtu. (bbc.co.uk/cnn)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home