Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:25 WIB | Rabu, 01 Desember 2021

Pengadilan Junta Militer Myanmar Tunda Vonis terhadap Suu Kyi

Pengadilan Junta Militer Myanmar Tunda Vonis terhadap Suu Kyi
Beberapa anggota kelompok pemuda menggelar unjuk rasa flash mob untuk memprotes pemerintahan militer Jenderal Senior Min Aung Hlaing di perkampungan Pabedan di Yangon, Myanmar, hari Selasa, 30 November 2021. (Foto: AP)
Pengadilan Junta Militer Myanmar Tunda Vonis terhadap Suu Kyi
Para pengunjuk rasa memegang potret pemimpin Myanmar yang digulingkan Aung San Suu Kyi selama demonstrasi anti kudeta di Mandalay, Myanmar pada 5 Maret 2021. (Foto: dok. AP)

YANGON, SATUHARAPAN.COM-Sebuah pengadilan di Myanmar menunda putusannya pada Selasa (30/11) dalam persidangan yang mengadili pemimpin terguling, Aung San Suu Kyi, untuk memungkinkan kesaksian dari saksi tambahan, kata seorang anggota senior partai politiknya.

Pengadilan setuju dengan mosi pembelaan yang mengizinkan Zaw Myint Maung, yang sebelumnya tidak dapat datang ke pengadilan karena alasan kesehatan, untuk menambahkan kesaksiannya, kata seorang pejabat hukum.

Sebelumnya pengadilan dijadwalkan untuk memberikan putusan pada hari Selasa atas tuduhan penghasutan dan melanggar pembatasan virus corona.

Vonis itu akan menjadi yang pertama bagi peraih Nobel berusia 76 tahun itu sejak tentara merebut kekuasaan pada 1 Februari, menangkapnya itu menghalangi partai Liga Nasional untuk Demokrasi untuk memulai masa jabatan kedua.

Dia juga diadili atas serangkaian tuduhan lain, termasuk korupsi, yang dapat mengirimnya ke penjara selama puluhan tahun jika terbukti bersalah.

Hakim menunda persidangan sampai 6 Desember, ketika Zaw Myint Maung dijadwalkan untuk bersaksi, kata pejabat hukum, yang berbicara dengan syarat anonim karena pemerintah telah membatasi rilis informasi tentang persidangan. Tidak jelas kapan putusan akan dikeluarkan.

Kasus-kasus tersebut secara luas dilihat sebagai pengadilan yang dibuat-buat untuk mendiskreditkan Suu Kyi dan mencegahnya mencalonkan diri dalam pemilihan berikutnya. Konstitusi melarang siapa pun yang dijatuhi hukuman penjara untuk memegang jabatan tinggi atau menjadi anggota parlemen.

Zaw Myint Maung, yang merupakan kepala menteri wilayah Mandalay, sebuah pos tingkat negara bagian utama, juga ditahan ketika tentara mengambil alih. Dia adalah wakil ketua partai Suu Kyi dan seorang dokter medis. Dia menghadapi beberapa tuduhan kriminal, termasuk korupsi. Dia berusia 69 tahun dan dikabarkan menderita leukemia.

Dia menemani Suu Kyi selama berkampanye untuk pemilihan tahun lalu, termasuk di Naypyitaw, di mana kehadirannya menjadi dasar salah satu tuduhan melanggar pembatasan virus corona.

Partai Suu Kyi menang telak dalam pemilihan tahun lalu. Tentara, yang partai sekutunya kehilangan banyak kursi, mengklaim ada kecurangan pemungutan suara besar-besaran, tetapi pemantau pemilu independen tidak mendeteksi adanya penyimpangan besar. Suu Kyi tetap populer dan menjadi simbol perjuangan melawan kekuasaan militer.

Pengambilalihan kekuasaan oleh tentara itu disambut demonstrasi non-kekerasan nasional yang ditumpas oleh pasukan keamanan dengan kekuatan mematikan, menewaskan hampir 1.300 warga sipil, menurut penghitungan oleh Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.

Dengan pembatasan ketat pada protes tanpa kekerasan, perlawanan bersenjata telah tumbuh di kota-kota dan pedesaan ke titik di mana para ahli PBB telah memperingatkan negara itu bisa terperosok ke dalam perang saudara.

Suu Kyi, yang menerima Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1991 untuk perjuangan tanpa kekerasannya untuk demokrasi. Dia belum terlihat di depan umum sejak ditahan pada hari pengambilalihan militer. Dia telah muncul di pengadilan di beberapa persidangannya, yang tertutup untuk media dan publik.

Pada bulan Oktober, pengacara Suu Kyi, yang telah menjadi satu-satunya sumber informasi tentang proses hukum, dilarang memberikan informasi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home