Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:25 WIB | Jumat, 10 April 2015

Pengasaman Laut Sebabkan Kepunahan Massal Terbesar di Bumi

Terumbu karang bertahan terhadap pengasaman laut. (Foto: nationalgeographic.co.id)

MIAMI, SATUHARAPAN.COM - “Pengasaman laut merupakan pendorong utama kepunahan massal terbesar di bumi sekitar 250 juta tahun yang lalu,” kata para ilmuwan pada Kamis (9/4).

“Perubahan pada air bumi disebabkan aktivitas vulkanik, memusnahkan lebih dari 90 persen kehidupan di laut dan dua pertiga dari hewan darat,“ kata penulis studi tersebut dalam jurnal Science.

Laut menyerap sejumlah besar karbon dioksida dari letusan gunung berapi, membuat air menjadi lebih asam dan kurang ramah terhadap kehidupan.

Saat itu, laut menyerap karbon pada tingkat yang sama seperti hari ini, tapi bertahan selama lebih dari 10.000 tahun, kata laporan itu, yang didasarkan pada studi batuan yang digali di Uni Emirat Arab.

Batuan ini berada di dasar laut ratusan juta tahun yang lalu, dan mempertahankan rekor perubahan asam pada air dari waktu ke waktu.

“Para ilmuwan sudah lama menduga, peristiwa pengasaman laut terjadi selama kepunahan massal terbesar sepanjang masa, tapi bukti langsungnya masih kurang sampai saat ini,“ kata Matthew Clarkson dari School of GeoSciences Universitas Edinburgh.

Ini merupakan penemuan yang mengkhawatirkan, mengingat bahwa kita sudah bisa melihat peningkatan keasaman laut saat ini, yang merupakan hasil dari emisi karbon manusia.(AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home