Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 06:22 WIB | Jumat, 09 Desember 2022

Pengemudi Truk Mogok, Korea Selatan Kesulitan BBM

Pekerja Korea Selatan dari serikat pekerja terbesar di negara itu berbaris selama rapat umum untuk mendukung pemogokan yang sedang berlangsung oleh pengemudi truk di dekat Majelis Nasional di Seoul, Korea Selatan 3 Desember 2022. (Foto: dok. Reuters)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Pemogokan nasional oleh pengemudi truk Korea Selatan telah menyebabkan hampir 100 pompa bensin di seluruh negeri kehabisan BBM (bahan bakar minyak), data pemerintah menunjukkan, dan serikat pekerja nasional melancarkan pemogokan umum pada hari Selasa (6/12) untuk mendukung para pengemudi.

Pemogokan para pengemudi truk atas program upah minimum, yang dimulai pada 24 November, telah melihat dua sesi negosiasi antara serikat pekerja dan pemerintah, namun sejauh ini belum ada terobosan.

Konfederasi Serikat Pekerja Korea (KCTU) mengatakan pihaknya mengadakan aksi unjuk rasa di 15 lokasi di seluruh negeri, dengan sekitar 25.000 pekerja berserikat hadir sebagai bagian dari pemogokan umum.

Ketika pasokan bahan bakar minyak dan bahan bangunan menipis, pemerintah Korea Selatan meningkatkan tekanan untuk mengakhiri pemogokan. Pekan lalu, pemerintah mengeluarkan perintah "mulai bekerja" untuk memaksa 2.500 pengemudi yang mogok di industri semen kembali beroperasi.

Presiden Yoon Suk-yeol pada hari Minggu (4/12) memerintahkan persiapan untuk memperluas pesanan itu ke sektor-sektor seperti penyulingan minyak dan pembuatan baja, di mana kerusakan ekonomi tambahan diperkirakan terjadi.

Komisi Perdagangan Adil Korea (KFTC) yang anti korupsi mengatakan pihaknya memulai penyelidikan pekan lalu untuk menyelidiki apakah serikat pekerja truk secara tidak adil menolak untuk bekerja. Serikat pekerja tidak bekerja sama dalam penyelidikan, kata seorang pejabat KFTC kepada Reuters pada hari Selasa.

KCTU, serikat payung di mana serikat pengemudi truk berada, menyebut perintah "mulai bekerja" Presiden setara dengan darurat militer dan mengatakan pemerintah harus bernegosiasi.

Pada salah satu demonstrasinya di dekat depot peti kemas Uiwang, tempat para pengemudi truk yang mogok sedang berkemah, kepala KCTU Yang Kyung-soo mengatakan para pengemudi truk berada di “garis depan” untuk melindungi kehidupan dan hak-hak pekerja. Pemimpin serikat anggota memberikan kontribusi keuangan untuk pemogokan yang sedang berlangsung oleh pengemudi truk.

Lee Bong-ju, kepala serikat pengemudi truk, mengatakan serikat pengemudi truk akan menaikkan tingkat protes mereka mulai hari Rabu, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Hingga hari Senin sore, hampir 100 SPBU kehabisan bahan bakar. Sekitar 60 persen di antaranya berada di provinsi Seoul dan Gyeonggi, wilayah padat penduduk di dekat ibu kota, menurut data Korea National Oil Corp. Angka itu naik dari 21 SPBU yang dikatakan Kementerian Perindustrian kehabisan bahan bakar pada 29 November.

Di tengah melonjaknya biaya bahan bakar, sebanyak 25.000 pengemudi truk meminta pemerintah untuk menyediakan sistem pembayaran minimum permanen yang dikenal sebagai “Tarif Pengangkutan Aman”, yang diperkenalkan sementara pada tahun 2020 untuk sebagian kecil lebih dari 400.000 pengemudi truk.

Dalam pemogokan kedua mereka dalam waktu kurang dari enam bulan, para pengemudi truk itu melawan hawa dingin yang pahit dan narasi pemerintah bahwa mereka dibayar dengan baik sebagai “bangsawan buruh”.

Yoon mengatakan pemerintah tidak akan menyerah pada tuntutan serikat pekerja dan menyamakan pemogokan itu dengan ancaman nuklir Korea Utara. Pemerintah mengatakan akan memperpanjang program saat ini selama tiga tahun lagi.

Dampak pemogokan umum tidak jelas dan bergantung pada partisipasi, kata juru bicara KCTU Han Sang-jin. Pejabat KCTU lainnya mengatakan beberapa pekerja di sektor jasa dan konstruksi telah melancarkan "mogok solidaritas", tetapi tidak tahu berapa lama akan berlanjut.

“Dengan berada di sini, kami berharap dapat menghibur para pengemudi truk kami,” kata Park Dae-ku, seorang pekerja yang berserikat di museum sains yang dikelola pemerintah. Park mengambil cuti beberapa jam untuk bergabung dengan rapat umum di Uiwang tetapi tidak berencana untuk keluar dari pekerjaan.

Serangan itu telah mengganggu rantai pasokan Korea Selatan, dan merugikan negara itu 3,5 triliun won (setara US$ 2,65 miliar) dalam pengiriman yang hilang selama 12 hari pertama, kata kementerian industri pada hari Selasa.

Kerugian diperkirakan meningkat di beberapa industri, tetapi lalu lintas di pelabuhan telah sedikit meningkat menjadi 69 persen dari rata-rata sebelum pemogokan sejak pesanan kembali dikeluarkan, menurut pemerintah. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home