Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 19:22 WIB | Selasa, 29 Maret 2022

Pengungsi Ukraina Mendekati Empat Juta, Terbesar Setelah PD II

Pengungsi Ukraina Mendekati Empat Juta, Terbesar Setelah PD II
Pengungsi berjalan di perbatasan di Medyka, Polandia tenggara, setelah melarikan diri dari perang dari negara tetangga Ukraina, Minggu, 27 Maret 2022. (Foto: AP/Sergei Grits)
Pengungsi Ukraina Mendekati Empat Juta, Terbesar Setelah PD II
Seorang anak pengungsi melihat keluar dari bus setelah melarikan diri dari perang dari negara tetangga Ukraina di stasiun kereta api pusat di Warsawa, Polandia, Minggu, 27 Maret 2022. Lebih dari 3,7 juta orang telah melarikan diri dari perang sejauh ini, eksodus terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II. (Foto: AP/Czarek Sokolowski)
Pengungsi Ukraina Mendekati Empat Juta, Terbesar Setelah PD II
Pengungsi menunggu dalam antrean setelah melarikan diri dari perang dari negara tetangga Ukraina di perbatasan di Medyka, Polandia tenggara, pada Minggu, 27 Maret 2022. (Foto: AP/Sergei Grits)

MEDYKA, SATUHARAPAN.COM-jumlah pengungsi yang membanjiri dari Ukraina mendekati empat juta, lebih sedikit orang yang melintasi perbatasan dalam beberapa hari terakhir. Penjaga perbatasan, lembaga bantuan dan pengungsi sendiri mengatakan invasi Rusia yang tak terduga di Ukraina hanya memberikan sedikit tanda apakah itu hanya sebagai jeda atau penghentian permanen.

Beberapa orang Ukraina maju untuk melawan atau membantu membela negara mereka. Yang lain telah meninggalkan rumah mereka, tetapi tinggal di tempat lain di Ukraina untuk menunggu dan melihat bagaimana angin perang akan bertiup. Yang lain lagi, lanjut usia atau sakit dan membutuhkan bantuan ekstra untuk pindah ke mana pun. Dan beberapa tetap tinggal, seperti yang dikatakan seorang pengungsi, karena “tanah air adalah tanah air.”

Dalam dua pekan pertama setelah invasi Rusia pada 24 Februari, sekitar 2,5 juta orang dalam populasi pra-perang Ukraina yang berjumlah 44 juta meninggalkan negara itu untuk menghindari bom dan pertumpahan darah. Dalam dua pekan kedua, jumlah pengungsi kira-kira setengahnya.

Total eksodus sekarang mencapai 3,87 juta, menurut penghitungan terbaru yang diumumkan hari Senin (28/3) dari UNHCR, badan pengungsi PBB. Tetapi dalam 24 jam sebelumnya, hanya 45.000 orang yang melintasi perbatasan Ukraina untuk mencari keselamatan, hitungan satu hari paling lambat, dan selama empat dari lima hari terakhir jumlahnya tidak melebihi 50.000 sehari. Sebaliknya, pada tanggal 6 Maret dan 7 Maret, lebih dari 200.000 orang setiap hari meninggalkan Ukraina.

“Orang-orang yang bertekad untuk pergi saat perang pecah pada hari-hari pertama,” jelas Anna Michalska, juru bicara penjaga perbatasan Polandia.

UNHCR mengatakan perang telah memicu krisis pengungsi terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II, dan kecepatan dan luasnya pengungsi yang melarikan diri ke negara-negara termasuk Polandia, Rumania, Moldova, Hongaria, Slovakia, serta Rusia, belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa waktu terakhir. Polandia sendiri telah menerima 2,3 juta pengungsi dan Rumania hampir 600.000. Amerika Serikat telah berjanji untuk menerima 100.000.

Bahkan perang 11 tahun yang menghancurkan di Suriah, sumber krisis pengungsi terbesar di dunia, tidak memaksa begitu banyak orang keluar begitu cepat.

“Kami berharap mudah-mudahan tren pendatang baru akan menurun. Tapi saya tidak berpikir ada jaminan untuk itu sampai ada solusi politik” untuk perang, kata Alex Mundt, koordinator darurat senior UNHCR di Polandia.

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) juga memperkirakan bahwa lebih 6,5 juta orang di Ukraina telah diusir dari rumah mereka oleh invasi Rusia, tetapi tetap mengungsi di dalam negeri, menunjukkan bahwa kumpulan besar pengungsi potensial masih menunggu. IOM mengatakan 12 juta orang lainnya diyakini terperangkap di tempat-tempat di mana pertempuran sengit terjadi, atau tidak ingin pergi.

“Sayangnya, ada banyak orang yang tidak dapat pergi, baik karena jalur transportasi terputus atau mereka tidak memiliki sarana untuk tiba di negara tetangga dengan selamat,” kata juru bicara IOM, Jorge Galindo, kepada The Associated Press di Medyka, sebuah kota perbatasan Polandia.

Kelompok-kelompok Yahudi telah memulai upaya untuk membawa korban selamat Holocaust yang lemah keluar dari Ukraina, tetapi setiap orang membutuhkan tim penyelamat untuk mengeluarkan pengungsi tersebut.

“Sekarang aku terlalu tua untuk lari ke bunker. Jadi saya hanya tinggal di dalam apartemen saya dan berdoa agar bom itu tidak membunuh saya,” kata korban Holocaust, Tatyana Zhuravliova, 83 tahun, pensiunan dokter yang dipindahkan ke panti jompo di Jerman pekan lalu.

Michalska, juru bicara penjaga perbatasan Polandia, menyatakan bahwa banyak warga Ukraina yang telah melarikan diri telah meninggalkan daerah yang paling terkena dampak pertempuran, dan pertempuran di masa depan dapat menentukan apakah warga sipil di daerah lain memutuskan untuk pergi.

“Kami tidak dapat mengesampingkan bahwa akan ada lebih banyak gelombang pengungsi di masa depan,” kata Michalska melalui telepon.

Badan-badan bantuan tidak menyerah dalam upaya mereka, membantu mereka yang telah keluar dari Ukraina dan bersiap-siap jika gelombang pengungsi baru tiba.

Di pos perbatasan di Medyka, Polandia, troli belanja yang penuh dengan barang bawaan masih berderak di jalan kecil yang mengarah dari pemeriksaan paspor, melalui desa tenda bantuan ke bus yang menunggu untuk membawa pengungsi Ukraina ke kota terdekat.

“Mungkin orang sedang menunggu, untuk melihat apakah kota mereka akan diserang atau tidak,” kata Alina Beskrovna, 31 tahun, yang melarikan diri dari kota Mariupol yang hancur dan terkepung. Dia dan ibunya meninggalkan kota lima hari yang lalu, tetapi bahkan untuk sampai ke perbatasan mereka harus melewati 18 pos pemeriksaan: 16 Rusia dan dua Ukraina.

Dia menyinggung serangan udara baru Rusia selama akhir pekan di dekat kota Lviv di barat Ukraina, yang telah menjadi tempat perlindungan utama bagi warga Ukraina yang melarikan diri setelah invasi yang diperintahkan oleh Presiden Rusia, Vladmir Putin.

“Putin sangat tidak terduga. Dan menilai dari apa yang terjad di Lviv dua hari lalu, saya pikir itu tidak akan berhenti di wilayah saya, itu tidak akan berhenti di Ukraina,” katanya. “Ini akan melangkah lebih jauh, jadi dunia harus bersiap untuk lebih banyak gelombang yang akan datang.”

Oksana Mironova, seorang pengungsi berusia 35 tahun dari Kiev, mengatakan: “Ini tidak menjadi lebih baik, jelas tidak. Kami ingin percaya itu akan membaik, tetapi sayangnya kami harus melarikan diri. ”

Namun, dalam menghadapi serangan udara Rusia yang menghancurkan gedung apartemen, pusat perbelanjaan, dan sekolah, daya tarik rumah tetap kuat. Olena Vorontsova, 50 tahun, melarikan diri dari ibu kota Kiev. “Banyak orang tidak ingin meninggalkan rumah mereka, karena tanah air adalah tanah air,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home