Loading...
RELIGI
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:28 WIB | Rabu, 05 Juni 2019

Pengurus Katedral Jakarta Sediakan Kantong Parkir Saat Salat Id

Ilustrasi. Umat Muslim yang telah selesai menunaikan salat Jumat keluar dari halaman Masjid Istiqlal berpapasan dengan umat Katolik yang telah selesai melaksanakan Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta. (Foto: Dok Antaranews.com/Sigid Kurniawan).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pengurus Gereja Katedral Jakarta menyediakan kantong parkir bagi umat Muslim yang melaksanakan salat Id di Masjid Istiqlal pada Rabu (5/6).

"Pukul 4 subuh sudah mulai dibuka bagi umat Muslim yang akan salat Id di Istiqlal," kata anggota Hubungan Antar-Agama dan Kemasyarakatan (HAAK) Gereja Katedral Fendi Buda, pada Selasa (4/6).

Ia mengatakan kapasitas area parkir di dalam Katedral mampu menampung hingga 100 mobil dan ratusan sepeda motor. Area parkir itu memang kerap disediakan Gereja Katedral pada hari raya, baik Idul Fitri dan Idul Adha.

Fendi Buda menambahkan, bukan pertama kalinya fasilitas parkir di dalam Katedral itu dibuka untuk umat Muslim yang akan merayakan hari raya. Pada setiap agenda besar keagamaan, antara Masjid Istiqlal dan Katedral selalu saling membantu.

"Setiap tahun bergantian. Kalau Natal kami ikut parkir di sana (Istiqlal), kalau Idul Fitri di sini," kata dia.

Ratusan personel, baik dari pihak Gereja maupun Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU), bersiap-siap di sekitar gereja untuk menjaga keamanan serta merawat keharmonisan antarumat beragama. Aparat kepolisian pun sama-sama membantu menjaga baik di dalam maupun di luar area gereja.

"Ini sebagai simbol kerukunan antarumat beragama dan ini harus terus dirawat," kata Fendi.

Sebelumnya, Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, pihak masjid menyediakan empat alternatif kantong parkir bagi jemaah salat Id, yaitu Gereja Katedral, Lapangan Banteng, kantor Kementerian Agama, dan Hotel Borobudur.

Abu menyebutkan, langkah itu merupakan antisipasi terkait adanya renovasi pada sebagian area parkir masjid hingga tidak bisa digunakan. (Antaranews.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home