Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 16:27 WIB | Senin, 09 Januari 2017

Pengusaha Yakin 2017 Daging Segar Bisa Turun ke Rp 100.000

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Pangan Strategis, Juan Permata Adoe. (Foto: Melki Pangaribuan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Pangan Strategis, Juan Permata Adoe, optimistis harga daging segar pada tahun 2017 bisa turun hingga Rp 100.000 per kilogram dan daging beku di bawah Rp 85.000/kg.

“Bisa saja, bisa terjadi. Kalau tahun 2017 ini memasuki kuartal kedua kemungkinan bisa terjadi karena sistemnya dimungkinkan untuk daging segar ya,” kata Juan kepada satuharapan.com di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, hari Senin (9/1).

Sementara kalau daging beku, menurut dia, hampir sama saja harganya tidak banyak berubah.

“Karena daging kan dibagi dua, ada daging kerbau dan daging sapi. Kalau (daging segar) turun sih Rp 100.000 bisa tercapai. Kalau daging bekunya kira-kira di Rp 80.000 bisa tercapai,” katanya.

Juan mengatakan, pemerintah telah bertemu dengan pengusaha daging untuk membicarakan kebijakan pemerintah yang akan menurunkan harga daging pada 2017.

“Pemerintah sudah ngomong beberapa kali dengan kita. (Tapi) kalau tahun 2016 di kuartal ketiga itu kita (pengusaha) mengatakan tidak mungkin. Kalau di kuartal pertama mungkin masih ada transisinya. Di kuartal kedua tahun ini menjelang lebaran sih pasti turun,” kata dia.

Turun Sebesar AUD 1/kg

Sebelumnya Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan mulai tahun 2017 akan ada dua jenis daging yang dilepas ke pasaran, yaitu daging beku dan daging segar.

Menurut dia, harga daging beku ditargetkan turun di bawah Rp 80.000 per kilogram dan daging segar ditargetkan turun di bawah Rp 100.000/kg.

"Harga daging beku berada di bawah Rp 80.000 per kilogram. Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan bekerja sama dengan Asosiasi Distributor Daging Indonesia (ADDI) dan Badan Usaha Logistik (Bulog) untuk mengendalikan pasokannya," kata Mendag Enggar dalam keterangan tertulis, hari Kamis (15/12/2016).

Enggar mengatakan, untuk daging segar, sudah terjadi kesepakatan dengan Menteri Perdagangan Australia bahwa harga sapi hidup dari Australia akan turun sebesar AUD 1/kg.

"Dari harga tersebut, sedang dihitung harga jual daging sapi segarnya. Targetnya di bawah Rp 100.000/kg," kata Mendag.

Menurut Juan, ada peluang untuk penurunan harga daging dari Australia sebesar AUD 1/kg karena sedang dibicarakan peraturannya oleh Kementerian Pertanian.

“Nah itu saya pun menunggu, peluangnya bisa saja kalau ada relaksasi dalam kebijakannya bagaimana, bisa saja (turun sebesar AUD 1/kg),” kata dia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home