Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 17:30 WIB | Senin, 25 Mei 2020

Peningkatan Sampah Plastik dari Belanja Online dan Delivery Selama PSBB

Peningkatan sampah plastik dari belanja online dan delivery selama PSBB. (Foto: lipi.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) merupakan peraturan yang dikeluarkan untuk menekan penyebaran dan penularan pandemi COVID-19.

Tidak dapat dimungkiri penerapan PSBB berdampak pada beberapa sektor, terutama ekonomi yang mengalami penurunan. Namun, di sisi lain, presentase belanja online dan penggunaan layanan pesan antar (delivery) meningkat saat PSBB.

Pusat Penelitian Oseanografi dan Pusat Penelitian Kependudukan LIPI, merilis hasil studi terkait "Dampak PSBB dan WFH terhadap Sampah Plastik di Kawasan Jabodetabek" yang dilakukan melalui survei online pada tanggal 20 April-5 Mei 2020.

Hasil survei menunjukkan, mayoritas warga Jabodetabek melakukan belanja online yang cenderung meningkat. Dari yang sebelumnya hanya 1 hingga 5 kali dalam satu bulan, menjadi 1 hingga 10 kali selama PSBB/WFH. Begitu pula dengan penggunaan layanan delivery makanan lewat jasa transportasi online. Padahal, 96 persen paket dibungkus dengan plastik yang tebal dan ditambah dengan bubble wrap. Selotip, bungkus plastik, dan bubble wrap merupakan pembungkus berbahan plastik yang paling sering ditemukan. Bahkan di kawasan Jabodetabek, jumlah sampah plastik dari bungkus paket mengungguli jumlah sampah plastik dari kemasan yang dibeli.

Penelitian tersebut menunjukkan 60 persen responden menilai penggunaan bungkus plastik tidak mengurangi risiko terpapar COVID-19.

Hal ini sesuai dengan penelitian bahwa virus COVID-19 dapat bertahan di permukaan plastik selama tiga hari, lebih lama dibanding permukaan lain seperti kardus atau stainless steel.

Data survei LIPI juga mengungkap, tingkat kesadaran warga yang tinggi terhadap isu sampah plastik. Namun, kesadaran masyarakat belum dibarengi dengan aksi nyata.

"Hanya separuh dari warga yang memilah sampah untuk didaur ulang. Hal ini berpotensi meningkatkan sampah plastik dan menambah beban tempat pembuangan akhir selama PSBB/WFH,” kata peneliti Pusat Penelitian Oseonografi LIPI, Intan Suci Nurhati, yang dilansir lipi.go.id, pada Sabtu (23/5).

Intan, mengajak setiap individu untuk melakukan aksi nyata dalam mengurangi sampah plastik selama PSBB/WFH. Beberapa cara tersebut antara lain: mendukung penjual dan produk tanpa pembungkus plastik, meminta penjual untuk mengurangi pembungkus plastik, membeli barang dalam kemasan besar atau satukan bermacam daftar belanjaan dalam satu pembelian, memanfaatkan kembali pembungkus plastik setelah dibersihkan, pilah sampah plastik untuk daur ulang, membeli barang dari lokasi yang lebih dekat dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

“There is U in SOL-U-TION. Mari kita bersama-sama mengurangi sampah plastik dalam berbelanja online,” kata Intan. (lipi.go.id)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home